Kunjungan Kapal Pesiar Meningkat, BPKS Akan Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan

Kapal Pesiar.(doc BPKS)

Sabang, Aceh Bisnis - Kota Sabang masih tetap menjadi pilihan destinasi kapal wisata berukuran besar sejak beberapa tahun terakhir ini. Hal ini terbukti semakin seringnya dan semakin meningkatnya angka kunjungan kapal-kapal wisata seperti cruise dan yacht ke daerah setempat.

Dengan telah dijadikan destinasi bagi kapal-kapal wisata, menjadi dasar yang kuat untuk menuntut Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan kepelabuhanan dalam upaya menciptakan kesan nyaman-aman dan nyaman bagi para turis-turis yang berkunjung ke kota sabang via jalur laut.

Plt Kepala BPKS, Razuardi mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan menciptakan rasa aman, nyaman kepada wisatawan mancanegara selama singgah di Kota Sabang.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan menciptakan rasa aman bagi para wisatawan asing yang singah di Kota Sabang untuk berwisata,”kata , Razuardi di Banda Aceh, Minggu (14/4/2019).

Ia juga mengungkan, bahwa Kota Sabang memiliki potensi wisata yang dapat di andalkan dan memiliki nilai jaul yang tinggi ke pasar dunia. “Oleh karena itu, dengan semakin meningkatnya kunjungan cruise dan Yacht ke Kota Sabang ini, tentunya berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah setempat,”ujarnya.

“Kita akan berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan dan kita akan mengusahaakan bagaimana kunjunngan-kunjungan kapal dapat terus meningkat,”jelas Plt Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang ini.

Sementara itu, Deputi Komersial dan Investasi, Agus Salim mengatakan, pihaknya kedepan juga akan menargetkan setiap bulan bisa dikunjungi minimal satu kapal. Dan bila hal ini tercapai tentunya akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan dari sisi fasilitas, kata dia, BPKS akan terus berbenah, dimana ada kekurangan akan dibenahi. Begitu juga dengan koordinasi pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Kota Sabang, Pemerintah Provinsi, Travel Agent, Tour Guide serta pihak-pihak pelaku pariwisata di Kota Sabang ini, sehingga kedepan benar-benar layak sebagai destinasi Cruise Dunia.

“Saat ini cukup memadai untuk menghandle cruise-cruise besar, dimana Dermaga milik BPKS memiliki panjang lebih dari 400 meter dan memiliki laut yang dalam. Namun yang terpenting, pelabuhan kita telah memiliki sertfikat ISPS-Code tentang keamanan pelabuhan,”pungkasnya.(rel/ded)

Komentar

Loading...