Saat Memberikan Hak Suara, Bupati: Pemilih Harus Cermat dan Jeli

Bupati Aceh Tamiang Mursil bersama Ketua DPRK, Fadlon memeriksa surat suara.(Foto: Indra)

Aceh Tamiang, Aceh Bisnis - Bupati Aceh Tamiang H.Mursil meminta kepada masyarakat agar jeli dan cermat saat memberikan hak pilihnya pada pemilihan umun (pemilu) 2019 yang akan berlangsung pada 17 April mendatang.

"Kita saran pemilih harus melihat secara cermat dan jeli sebelum menyoblos kertas surat suara pada TPS nantinya, sehingga suara tidak menjadi sia-sia,"kata Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil disela-sela Simulasi Pemungutan dan perhitungan Suara Pemilu tahun 2019 di Kampung Tanah Terban, Kamis (11/4/2019).

Jelang pemilu nantinya, kata dia, para penyelenggara pemilu akan dihadapkan kerja berat. "Oleh karenanya seluruh penyelaggara pemilu, mulai dari PPK, PPS dan KPPS harus dapat menjaga kesehatannya,"ungkapnya.

Ia menyatakan, dengan dilakukan simulasi ini, dapat menghasilkan suara sesuai dengan harapan semua. "Terutama yang perlu disosialisasikan terkait tata cara pencoblosan,"jelasnya.

Pada Pemilu kali ini, jelas Bupati, pemilih harus membuka sebanyak lima surat suara untuk dicoblos. Sehingga akan rentan terjadinya kesalahan terutama pemilih orang tua. "Hanya paslon Presiden yang ada gambar calon. Sedangkan Pileg hanya terdapat nomor urut dan nama caleg. "Nah, ini sangat dikwatirkan terajdinya kesalahan sehingga surat suara menjadi sia-sia,”ungkap Bupati.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Tamiang, Ishak Ibrahim menyatakan, simulasi ini serentak dilakukan di seluruh Aceh. "Simulasi Pemungutan hingga perhitungan surat suara akan dilakukan mulai pukul 7.00 hingga 13.00 WIB. Dan Simulasi ini disesuaikan sebagaimana pelaksaan pemilu nantinya,”kata Ishak.

Dalam simulasi ini, kata dia, juga da sebanyak 200 orang pemilih, dibantu dengan warga kampung Tanah Terban, Karang Baru. “ Simulasi juga diiakhiri sampai dengan perhitungan suara, pengisian c1 dan diselesaikan para saksi,”jelas Ishak.(idr/idr)

Komentar

Loading...