Abdya Peringati HUT Ke-17

Pejabat Eselon II dan III Pakai Adat Aceh

Foto: Yura

Blangpidie, Aceh Bisnis - Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati HUT Ke-17 Rabu (10/4/2019) berlangsung di halaman upacara Kantor Bupati Kompleks Perkantoran setempat.

Sesuai arahan, seluruh pejabat eselon II dan III termasuk anggota Forkopimda memakai pakaian adat Aceh sehingga kegiatan tahunan itu berlangsung sangat meriah dan berbeda seperti pelaksanaan upacara lainnya.

Wabup Abdya Muslizar MT bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) juga membacakan Teks Pancasila. Sementara Teks UUD 1945 dibacakan oleh Usmadi, salah seorang pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sipnosis tentang kelahiran Abdya disampaikan oleh Fakhri A Rahim.

Muslizar MT pada kesempatan itu mengaku, semua pihak patut bersyukur kepada Allah SWT, karena tepat pada hari ini Tanggal 10 April 2019, Kabupaten Abdya telah memasuki usia 17 tahun. Usia yang mulai matang untuk mencapai berbagai target sebagai sebuah Kabupaten.

Menurut Wabup, perjuangan Abdya menjadi sebuah kabupaten sejak gagasan pertama dilahirkan pada awal tahun 1960-an, merupakan rentetan perjalanan panjang, karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. Sebanyak empat generasi kepanitiaan silih berganti selama lebih kurang 42 tahun perjuangan tersebut.

"Kegigihan serta keikhlasan panitia yang bekerja tanpa pamrih akhirnya menuai hasil. Buah manis dari perjuangan panjang serta keinginan untuk mandiripun akhirnya terwujud melalui sepucuk surat dengan nomor 4 tahun 2002 tentang Undang-Undang Pemekaran Abdya. Tujuh belas tahun silam, tepat pada tanggal 10 April tahun 2002 merupakan tanggal bersejarah bagi Bumo Breuh Sigupai ini,"sebut Wabup.

Menurutnya, kini daerah ini telah menjelma menjadi sebuah kabupaten dengan berbagai potensi luar biasa yang dimiliki. Tentunya ini bukanlah waktu yang singkat, tidak sedikit tenaga serta pikiran yang terkuras, hingga tidak ada nilai dan penghargaan dalam bentuk apapun yang cukup pantas disematkan pada mereka.

"Oleh karenanya kami ingin menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada para sesepuh dan tokoh-tokoh pendiri Abdya. Hanya Allah sajalah yang dapat membalas pengorbanan dan perjuangan ini,"ucap mantan pimpinan DPRK Abdya itu.

Hadir dalam upacara itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Ketua DPRK Zaman Akli, Kapolres AKBP M Basori, Dandim Letkol Arm Iwan Afrianto, Kajari Abdul Khadir, Ketua MPU Tgk Muhammad Dahlan, para Asisten, para Kepala SKPK, Camat. Hadir juga mantan Pj Bupati, dan tentunya para pendiri Kabupaten Abdya.(yra/yra)

Komentar

Loading...