Minta Terowongan Geurutee Segera di Bangun, Ghazali Abbas Surati Presiden

acehbisnis.com Ghazali Abbas

Banda Aceh , Aceh Bisnis - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Aceh, H Ghazali Abbas Adan menyurati Presiden RI Joko Widodo agar segera membagun terowongan Gunung Geurutee, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh.

Ghazali Abbas mengantar langsung surat yang bernomor 012/DPD-RI/B-02/III/2019 tertanggal 20 Maret 2019 tersebut ke Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia di Jalan Veteran No. 17-18, Jakarta Pusat pada Kamis (21/03/2019).

Dalam surat tersebut, Ghazali Abbas menyampaikan program konektivitas pemerintah Jokowi-JK telah menunjukkan buktinya. Diantaranya adalah telah mulai dibangun jalan tol Sumatera dari Lampung dan Aceh yang rencananya akan selesai 2024.

Sehubungan dengan konektivitas itu, kata dia, Aceh sebagai daerah paling pinggir Indonesia, maka masyarakat di wilayah Pantai Timur Aceh pada tahun 2024 akan dapat menikmati manfaat jalan tol itu dari berbagai aspeknya.

“Namun, untuk anak-anak bangsa di 7 daerah wilayah Pantai Barat Aceh, yakni Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Selatan, Subulussalam dan Aceh Singkil dapat pula dibangun terowongan Geurutee. Dengan demikian mareka pun akan mendapatkan manfaatnya dari terowongan itu,”kata Ghazali Abbas, Minggu (7/4/2019) di Banda Aceh.

Ia juga menjelaskan, jalan lintas di lereng Gunung Geurutee yang selama ini menjadi lintasan utama yang menghubungkan wilayah Pantai Timur dengan Pantai Barat Aceh sudah tidak layak lagi dan kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Hal ini disebabkan oleh volume kendaraan yang semakin bertambah sementara untuk perluasan jalan tidak memungkinkan lagi. Karena di satu sisi bersebelahan dengan tebing laut yang curam dan dalam. Sedangkan di sisi lainnya dengan lereng gunung karang terjal yang tingginya puluhan meter,” jelas Ghazali.

Dalam surat itu Ghazali Abbas juga meminta kepada Presiden untuk menunjukan respon nyata dengan menjadikan pembangunan Terowongan Gunung Geurutee sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana jalan tol Sumatera tersebut.

“Jadi melalui surat ini saya berharap kiranya Bapak Presiden Joko Widodo berkenan secara nyata dan kongkrit untuk meresponnya secepat mungkin,” pungkas Ghazali Abbas.(rel/ded)

Komentar

Loading...