APJII: Warga Harus Menikmati Langsung Pembagunan Teknologi

Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Penggunaan internet saat ini sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari dan terus berkembang pesat. Selain dari jumlah pengguna yang terus bertambah, layanan yang diberikan semakin bervariasi dan menggeser teknologi konvensional.

Aplikasi Voice-over Internet Protocol(VoIP), Instant Messaging (IM), Video Call, dan Tele-Conference, adalah contoh nyata penerapan teknologi Internet yang sudah perlahan tapi pasti menggusur peran layanan telekomunikasi konvensional seperti voice call dan SMS.

Internet merupakan sistem global dari jaringan komputer yang saling terhubung memanfaatkan internet protocol suite (TCP/IP) dimana jalur bisnisnya merentang jauh melampaui sekat dan batas antar negara. Maka tidak aneh jika pemangku kepentingan bisnis kini sangat perlu berkolaborasi demi meningkatkan layanan dari teknologi ini.

Ketua Bidang Koordinasi dan Pengembangan Wilayah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Zulfadly Syam mengatakan, konsep smart city dari Banda Aceh sudah bagus, tapi mungkin ada beberapa hal yang akan dikolaborasikan nantinya.

“Arsitektur teknologi informasi harus dibangun dari fisik, jaringan dan selanjutnya aplikasi,”kata Zulfadly saat berbagi informasi seputar peran layanan informasi dan teknologi kepada pegawai Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh, di Aula Madani Center, Selasa (2/4/2019).

Ia mengibaratkan jika sebuah pondasi ini tidak kokoh maka akan membuat bangunan lainnya runtuh. “Oleh karenanya fisik itu harus dibangun lebih dulu. Selain itu, membangun teknologi harus dirasakan langsung oleh masyarakat,”sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfotik Banda Aceh, T Taufik Mauliansyahmengatakan, kegiatan ini bukan hanya sebuah pertemuan tapi ada informasi dan pengetahuan yang bisa digali dari sebuah pertemuan.

“Saya komit bahwasanya SDM kita lebih berdaya. Jadi kita harapkan dengan adanya pertemuan ini dapat saling tukar informasi,”pungkas Taufik.(hfz/ded)

Komentar

Loading...