Hari Pertama, Pelaksanaan UNBK MA di Aceh Lancar

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh bersama Asisten I Setda Aceh, Dr M Djafar SH M.Hum dan Kepala Biro Isra, Zahrul Fajri SAg MA dan sejumlah pejabat lainnya meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ke sejumlah Sekolah dan Madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar. Senin (1/4).

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil dan Asisten 1 melihat langsung pelaksanaan Ujian di SMAN 4 Banda Aceh, MAN Model Banda Aceh, dan dua Madrasah/Sekolah lainnya.

Peninjauan bersama tersebut dilakukan untuk memastikan pelaksanaan ujian nasional berlangsung dengan tertib dan lancar.

"Anak-anak kami sekalian, hari ini adalah hari pertama UNBK, untuk itu manfaatkanlah waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya, dan teliti membaca serta menjawab soal,” ucap Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga meminta agar para siswa tidak lupa berdoa, dan berharap semoga seluruh siswa dimudahkan dalam menjalani UN.

“Sesulit apapun soal yang dihadapi insyaAllah bisa menjawab soal itu, semoga lulus semua, jangan lupa berdoa dan disertai dengan membaca Fatihah,” pesan Kakanwil.

Dikatakan, tahun ini Madrasah Aliyah di Aceh sudah 100 persen melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, sama halnya seperti tahun lalu, Ini kita inginkan untuk peningkatan kualitas pendidikan Aceh.

"Kemenag Aceh selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan dinas pendidikan Aceh untuk sama-sama memajukan pendidikan menuju Aceh hebat dalam bingkai Aceh Carong," sebut Daud Pakeh.

Sementara Asisten I Setda Aceh menyebutkan bahwa semua siswa-siswa yang mengikuti ujian pada madrasah dan sekolah hadir semua.

"Alhamdulillah, semua siswa kita baik di sekolah dan madrasah hadir pada hari ini, informasi dari kabupaten kota yang kami terima tidak ada kendala, semua berjalan tertib dan lancar sesuai harapan," ujar Djafar.

Ia juga mengatakan fasilitas komputer yang tersedia cukup untuk UNBK tahun 2019.

"Listrik juga lancar, mudahan bisa lancar hingga selesai. Untuk pendidikan di sekolah dan madrasah sama dan kita gelar ujiannya serentak," tambahnya.

Adapun siswa-siswi madrasah Aliyah yang mengikuti UNBK tahun ini berjumlah 14.034  peserta ujian, seluruhnya berasal dari 240 Madrasah Aliyah Negeri dan Madrasah Aliyah Swasta di 23 Kabupaten dan Kota se-Aceh, dengan rincian 6.213 Siswa dan 7.821 Siswi.

Sedangkan siswa siswi SMA/SMK terdiri dari 758 satuan pendidikan dengan jumlah 57.947 orang.

Turut hadir pada peninjauan tersebut, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Aceh, H Idris SAg MPd dan Ketua Panitia UNBK Aceh 2019, Zulkifli SPd MPd.

Setelah meninjau ujian di MAN Model dan SMAN 4, Kakanwil dan rombongan kembali menuju SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar untuk meninjau UNBK di sekolah tersebut. (rel/ded)

Komentar

Loading...