Ada Lomba Masak Kuah Beulangong di Khanduri Laot Festival 2019

Foto: Acehbisnis.com

Sabang, Aceh Bisnis - Khanduri Laot Festival 2019 resmi digelar di kawasan Dermaga CT3 Sabang, Sabtu (30/3/2019) kemarin. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya yang diwakili oleh Staf Khusus Tim Percepatan Calender of Event Kemenpar RI, Tazbir Abdullah.

Dalam kegiatan ini, juga diselenggarakan lomba masak kuah beulangong yang memanjakan lidah para pengunjung. Lomba masak ini merebut hadiah dengan total Rp 72 juta, yang mana hasil masakan nantinya akan dibagi ke para pengunjung dan akan menjadi ajang makan besar bagi masyarakat umum pertama kali di Sabang.

Kadisbudpar Sabang, Faisal mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan belasan ribu porsi nasi untuk dicicipi oleh pada wisatawan yang hadir dalam kegiatan itu. "Diperkirakan tersedia 15 ribu nasi berbungkus daun pisang yang nantinya wisatawan bebas mau makan apa saja disitu," ujarnya kemarin.

Lomba masak kuah beulangong ini juga diikuti oleh sejumlah juru masak handal dari seluruh rumah makan favorit di Aceh. Tentu, masakan ini nantinya akan memiliki rasa lezat bagi para wisatawan lokal maupun internasional. "Sebagian sudah punya pengalaman dan kelezatan masakannya dan dikenal di Aceh," katanya.

Seperti diketahui, kuah Beulangong sendiri adalah masakan tradisional Aceh. Disebut kuah beulangong karena proses masaknya dilakukan dalam kuali besar dan sering dimasak saat perayaan hari besar di Aceh seperti kenduri, pesta pernikahan, maulid dan lainnya.

"Ini merupakan upaya kita dalam melestarikan masakan khas atau masakan tradisional Aceh serta memperkenalkan kuliner Aceh kepada wisatawan asing maupun lokal," tambahnya.(hfz/ded)

Komentar

Loading...