7 Manfaat Kopi untuk Kulit, Bisa Bikin Sehat dan Cantik

Ilustrasi manfaat kopi. Foto: Istimewa

Jakarta, Aceh Bisnis - Kopi identik dengan minuman berkafein yang dapat menahan kantuk. Secangkir kopi pun memberikan manfaat antioksidan untuk tubuh. Namun kopi tak hanya berguna saat diminum, manfaat lebih banyak didapat ketika bubuk atau biji kopi dipakaikan langsung ke kulit. Berikut beberapa manfaat kopi untuk kulit:
1. Kopi Tinggi Antioksidan

Kopi memiliki manfaat untuk kulit karena mengandung senyawa antioksidan. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Antioksidan pun dapat membantu melawan penuaan, mengurangi munculnya flek hitam dan garis-garis halus di wajah. Cara mendapatkan manfaat kopi ini dengan mengaplikasikan bubuk kopi langsung ke kulit sebagai masker ataupun scrub.

2. Kopi Dapat Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kopi bubuk yang dihidangkan bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV-B. Ekstrak kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari kerutan yang terbentuk akibat paparan sinar matahari. Namun bukan berarti kopi ini adalah pengganti tabir surya. Agar kulit tetap terlindungi, tetap gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

3. Kopi dapat Menyamarkan Selulit

Kopi dapat bermanfaat mengurangi munculnya selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi adalah kunci untuk pengurangan selulit dengan melancarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Metode perawatan kulit ini dianggap paling baik melalui scrub kopi karena pengelupasan juga dapat menghaluskan kulit dengan merata.

4. Kopi Memiliki Efek Menenangkan

Meskipun kopi terkenal karena efek stimulasinya di dalam tubuh, tumbuhan berwarna cokelat ini juga juga dapat memberikan efek sebaliknya ketika dioleskan secara topikal. Kandungan antioksidan dalam kopi lah yang membuat tubuh rileks ketika diaplikasikan ke kulit sebagai masker.

5. Kopi Mengandung Vitamin B3

Melansir laman healhline.com, kopi kaya vitamin B3 berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Namun, trigonelline ini terurai menjadi niacin setelah biji kopi dipanggang. Niacin atau lebih dikenal sebagai vitamin B3 memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Konsumsi harian vitamin B3 dapat melindungi tubuh dari bentuk yang paling umum dari kanker kulit.

6. Kopi Dapat Mengurangi Peradangan

Seperti dikutip dari Harvard.edu, kopi bisa memberikan efek anti-inflamasi karena kandungan polyphenols di dalamnya. Sehingga mengaplikasikan serbuk kopi diyakini dapat membantu menenangkan peradangan yang terjadi di kulit.

7. Kopi Dapat Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kandungan kafein dalam kopi bermanfaat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mendapatkan manfaat kopi ini caranya dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk kopi dan minyak zaitun. Kemudian tambahkan beberapa tetes air, aduk hingga menjadi pasta. Setelahnya, aplikasikan pasta tersebut ke bawah mata tanpa menggosoknya. Biarkan selama lima hingga sepuluh menit, lalu bilas dengan air.

Komentar

Loading...