BPBA Laksanakan Workshop Pengendalian Karhutla Aceh

Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaksanakan Workshop Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Aceh tahap ketiga. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak 27 hingga 29 Maret 2019 besok di Hotel Bayu Hill, Aceh Tengah.

Untuk tahap ketiga ini, turut hadir unsur dari Dinsos Aceh Tengah, Dinas Sosial Bener Meriah, Dinas Sosial Aceh Utara, BPBD Aceh Tengah, BPBD Bener Meriah, BPBD Aceh Utara, KPH Wilayah II, KPH Wilayah III, KPH Wilayah V dan unsur TNI/Polri serta dinas terkait lain yang jumlah pesertanya sebanyak 50 orang.

Workshop Karhutla ini dibuka langsung Kepala Pelaksana BPBA, Ahmad Dadek dan Sekretaris Daerah Aceh Tengah, Karimasyah, Rabu (27/3/2019) malam kemarin.

Ahmad Dadek menyampaikan, pentingnya dilakukan workshop karhutla ini. Selama tiga tahun ini, kita cukup berhasil melakukan upaya-upaya pencegahan dan kesiapsiagaan. "Hal ini pun berkat kerjasama dan kerja keras pihak TNI/Polri, BPBD dan pihak terlibat lainnya," ujar Dadek.

Sementara, Karimansyah mengatakan, ttujuan dilaksanakannya workshop ini untuk mengatasi dan mencegah terjadinya karhutla serfa pengetahuan dan ilmu yang didapat akan diimplementasikan dan dapat dibagikan kepada masayrakat.

"Terkait dengan karhutla, faktor utama itu akibat kelalaian orang-orang yang berdekatan dan bersinggungan dengan lahan dan hutan," katanya.

"Yang paling penting disini bagaimana kita melakukan upaya pencegahan dan penanganan dengan dukungan masyarakat. Jika masyarakat tidak peduli, bagaimana kita menjaga sumber daya alam, maka kebakaran-kebakaran terus terjadi dan bencana-bencana besar lainnya akan terus menerus terjadi," ungkapnya.

Menurutnya, tindakan tegas juga harus dilakukan agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan akibat ulah tangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam kegiatan itu, sejumlah pemateri lain pun dihadirkan seperti dari unsur BNPB, BMKG, Kodam IM, Polres Aceh Tengah dan DLHK Aceh.

Diakhir kegiatan, diharapkan peserta dapat lebih memahami kebijakan nasional tentang karhutla, potensi kebakaran hutan dan lahan tahun 2019 serta partisipasi TNI dan masyarakat dalam karhutla, penegakan hukum dalam kebakaran hutan dan lahan serta kebijakan pemerintah Aceh dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.(hfz/hfz)

Komentar

Loading...