Kembangkan Wisata Halal, Anggota DPR RI Gelar Bimtek di Abdya

Puluhan Pelaku Pariwisata di Abdya Mengikuti Bimtek Pariwisata Halal yang diadakan Anggota DPR RI di Arena Motel Blangpidie. Foto AcehBisnis/Yura

Blangpidie, Aceh Bisnis - Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemasaran Pariwisata Halal Regional III di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh Senin (25/3).

Kegiatan dengan tujuan diadakan untuk mengembangkan wisata halal berlangsung di Arena Motel Blangpidie dan dibuka oleh Jasmani, Kepala Bidang Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdya.

Untuk memeriahkan kegiatan itu ada tiga pemateri yang dihadirkan antara lain anggota DPR RI oleh Teuku Riefky Harsyah diwakili oleh Salsabila Ali yang merupakan tenaga ahli Teuku Riefky Harsya, Jasmani Kepala Bidang Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Tazbir, IO Kementerian Pariwisata.

Jasmani, Spd yang juga seorang pemateri pada kegiatan itu mengatakan, Aceh pada umumnya dan Abdya pada khususnya mempunyai potensi wisata dan pangsa pasar Muslim yang sangat besar, namun pengelolanya yang belum maksimal. Sehingga kalau dikemas lebih bagus maka bisa dikembangkan untuk industri pariwisata.

Selain itu kata dia, Abdya juga mempunyai potensi wisata yang luar biasa, tetapi masih banyak hal yang dibenahi termasuk kesadaran pelaku industri wisata yang menawarkan produk halalnya. Artinya, destinasi wisata harus ada termasuk makanan kuliner harus ada dan harus diperkenalkan produk-produk Abdya kepada orang yang datang. Termasuk fasilitas pendukung seperti sektor jalan dan MCK fi lokasi wisata harus tersedia. Dengan demikian sektor pariwisata akan berkembang.

Jasmani, Spd pada kesempatan itu juga menjelaskan asal mula Kabupaten Abdya sejak dimekarkan dari kabupaten induk Aceh Selatan pada Tanggal 10 April 2002. Kemudian tentang seluk beluk masyarakat Kabupaten Abdya yang terkenal ramah dan sopan.

Menurutnya, Abdya merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang berada di Pantai Barat Selatan Aceh. Kepala Bidang itu bermohon kepada Kementerian Pariwisata RI atau melalui anggota DPR RI supaya bisa menyediakan anggaran agar dikucurkan untuk Abdya untuk memajukan sektor pariwisata halal di Abdya.

Salsabila Ali yang mewakili Teuku Riefky Harsya mengatakan sektor pariwisata merupakan sektor paling menjanjikan di Indonesia pada umumnya dan Abdya pada khususnya. Sektor ini tidak akan habis maka kelolalah sektor ini sebaik mungkin.

Menurutnya, berbicara tentang pengembangan pariwisata memang harus serius misalkan untuk memajukan sektor wisata itu harus didukung dengan andalan daerah seperti kuliner harus diperkenalkan dan fasilitas lainnya.(yra/yra)

Komentar

Loading...