KIP Pidie Ajak Warga Tak Golput Melalui Rapai Grimpheng Festival 2019

Pidie, Aceh Bisnis – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie, Sabtu (23/03/2019) mengelar Rapai Grimpheng Festival 2019. Kegiatan bertempat di Alun-alun Kota Sigli, Kabupaten setempat.

Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KIP Pidie, Sri Wahyuzha menjelaskan, kegiatan pentas seni Rapai Gerimpheng ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan Pemilihan Umun (Pemilu) 2019 kepada masyarakat di Kabupaten Pidie.

“KIP Pidie berniat untuk memberikan informasi mengenai tahapan pemilu 2019 kepada masyarakat melalui pentas seni dalam bingkai kearifan lokal,”ungkap Sri.

Ia menjelaskannya, KIP Pidie melakukan sosialisasi dengan konsep menyertakan bumbu budaya untuk melestarikan tradisi daerah dalam kampanye ‘ayo memilih’. “Ini salah satu upaya KIP dalam mensukseskan Pemilu 2019,”paparnya.

“Kita harapkan acara ini dapat menjadi jembatan meningkatkan partisipsi masyarakat untuk memberikan hak suara mereka dan tidak golput pada Pemilu 2019 yang jatuh pada 17 April mendatang,”terangnya.

Selain itu, sebut Sri, pentas seni dan budaya KIP Pidie diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama melestarikan budaya dan tradisi di daerah. “Karena melestarikan budaya dan tradisi bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan tanggung jawab kita bersama,”ujarnya.

Kegiatan ini berbentuk perlombaan rapi grimpheng yang diikuti oleh lima group dengan jumlah peserta setiap group berksiar antara 12-15 orang. Dari kelima group yang bersaing, empat berasal dari Pidie dan satu dari kabupaten Biruen.

Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh sejumlah seniman muda dari Pidie yakni, Sanggar Pusaka Nanggroe, Sanggar Kroeng Aneuk Nanggroe, Group Nasyid Alhuda, Syariah Voice, Komunitas Stand Up Comedy, DMR band dan Pugoe Band.(rju/ded)

Komentar

Loading...