Hari Keempat, 1.944 Jemaah Calon Haji Aceh Lunasi BPIH

acehbisnis.comSamhudi

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Hari keempat Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk jemaah haji reguler tahap I tercatat 1.944 Jemaah Calon Haji (JCH) Aceh telah melunasi BPIH.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H Samhudi SSi di Banda Aceh, Sabtu (23/3).

"Berdasarkan data yang diterima dari petugas Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Provinsi Aceh, sebanyak 1.944 Jamaah Calon Haji Provinsi Aceh telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini,” ujar Samhudi.

Samhudi juga menyebutkan, sejak 19 Maret hingga hari keempat pelunasan, Jumat 22 Maret 2019 tercatat sekitar 44,60 % JCH telah lunasi BPIH. "Masih tersisa kuota 2.415 Calon jamaah yang belum melunasi," lanjut Samhudi.

Secara rinci ia menjelaskan, tercatat JCH asal Kota Banda Aceh yang telah melunasi sebanyak 311 orang, Sabang 20 orang, Aceh Besar 255 orang, Pidie 230 orang, Aceh Utara 128 orang, Aceh Timur 85 orang, Aceh Selatan 68 orang, Aceh Barat 106 orang, Aceh Tengah 59 orang, Aceh Tenggara 1 orang, Simeulue 9 orang, Aceh Singkil 10 orang, Bireun 121 orang, Lhokseumawe 111 orang, Langsa 145 orang, Aceh Tamiang 57 orang, Gayo Lues 25 orang, Abdya 27 orang, Nagan Raya 71 orang, Aceh Jaya 26 orang, Bener Meriah 19, Subulussalam 3 orang dan Pidie Jaya 57 orang.

“Bagi jemaah calon haji yang sudah melunasi BPIH, diminta untuk segera melapor ke petugas haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat, dengan menyerahkan bukti setoran lunas yang dikeluarkan Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS-BPIH) untuk selanjutnya melakukan pemeriksaan kesehatan dan manasik haji,” tambah Samhudi.

Ini Persiapan Kemenag Aceh untuk Pemberangkatan JCH 2019

Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 1440 H/2019 M secara nasional dijadwalkan berangkat pada juli 2019.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh melalui Kabid PHU, H Samhudi SSi di Banda Aceh, mengatakan Kemenag Aceh sedang melakukan berbagai persiapan sebagaimana Rencana Perjalanan Haji (RPH) 2019 yang telah ditetapkan pemerintah.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan RPH tahun 2019. Untuk nasional masuk asrama 6 juli dan tanggal 7 berangkat, sedangkan untuk Aceh mengenai jadwal berangkat masih menunggu keputusan pusat, apakah termasuk gelombang pertama atau kedua juga Masih menunggu," jelas Samhudi.

Untuk mendukung RPH tersebut, beberapa kegiatan sedang dipersiapkan, seperti pelatihan 55 orang petugas di asrama Haji Embarkasi Aceh, pengumpulan paspor CJH, rekam biometrik dan persiapan lainnya.

"Rekam biometrik dilakukan di tanah air untuk memudahkan, karena kalau dilakukan di Arab Saudi butuh waktu 3 sampai 4 jam," jelasnya.

"Saat ini kita cuma satu titik perekaman di Banda Aceh, karenanya kami mengusulkan titik layanan untuk ditambah di beberapa daerah seperti mobil berggerak, kalau nantinya belum bisa terpenuhi, maka semua jemaah kita lakukan rekam biometrik di banda Aceh, semuanya harus selesai per 30 april," tambahnya.

Diinformasikan, Pelunasan BPIH untuk jamaah haji reguler tahap I Aceh dibuka hingga 15 April. Artinya, pelunasan sudah harus dilakukan sebelum tanggal 16 April 2019. Adapun besaran BPIH yang harus dibayar oleh calon jamaah adalah Rp 30.881.010.

Kuota haji Aceh tahun 2019 sebanyak 4.393 orang termasuk didalamnya 34 TPHD.(ril/ded)

Komentar

Loading...