Bupati Abdya Lantik Tiga Keuchik di Kecamatan Kuala Batee

Asisten Pemerintahan Amrizal melantik Kepala Desa di Aula Kantor Camat Kuala Batee. Foto AcehBisnis/Yura

Blangpidie, Aceh Bisnis - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diwakili Asisten Pemerintahan Amrizal, S.Sos Jumat (22/3) melantik tiga Pj Keuchik di Kecamatan Kuala Batee untuk periode 2019-2020.

Ketiga Kepala Desa yang dilantik adalah Asril sebagai Keuchik Gampong Geulanggang Gajah, Herpendi, SPd sebagai Keuchik Gampong Rumoh Panjang dan Khairuddin sebagai Keuchik Gampong Muka Blang.

"Sudah sesuai dengan aturan pemerintah desa bahwa seorang Kepala Desa itu dipilih masyarakat melalui Pilkades dan menjabat selama enam tahun tapi karena pelaksanaan Pemilu 2019 pelaksanaan Pilkades belum bisa dilakukan dan ditunjukan Pj Keuchik selama satu tahun,"kata Asisten Pemerintahan Amrizal pada kesempatan itu.

Menurutnya, masa Pj selama satu tahun merupakan waktu yang sangat singkat. Pasti dalalm menjalan roda pemerintahan seorang keuchik harus bekerja sama dengan perangkat lain dan jangan menganti para perangkat seenaknya.

Kenapa, karena ada desa setiap ganti Keuchik sudah ganti lorong, ganti Sekdes. Seharusnya ajaklah mereka untuk kerjasama. "Koordinasi dengan baik sama Camat dan Pemkab sehingga roda pemerintahan di desa bisa berjalan dengan baik. Kepada yang menjabat amanah ini diharapkan bersifat jujur dalam melaksanakan roda seusai ikrar yang diucapkan,"sebut Amrizal.

"Ini bukan pekerjaan mudah tapi serba susah karena berhubungan langsung dengan masyarakat. Jadi segala persoalan harus diakomodir langsung oleh keuchik jadi pekerjaan ini berat termasuk kadang persoalan rumah tangga juga diurus oleh Kepala Desa,"kata mantan Camat Blangpidie dan Tangan-tangan itu.

Selain itu, Keuchik juga mengurus hal kemasyarakatan dan kepemudaan jadi sebelum terpilih menjadi Keuchik harus pikir dulu apakah cukup waktu dan siap untuk melaksanakan tugas tersebut. Artinya jangan pikir gaji dan anggaran desa lebih besar maka ramai-ramai mencalonkan diri menjadi Keuchik.

Pemkab Abdya melalui pihaknya berharap kepada seluruh gampong di Abdya supaya dalam pengerjaan anggaran desa mengunakan sebaik mungkin untuk kemakmuran masyarakat dan pembangunan yang ada di di desa.(yura/ded)

Komentar

Loading...