Ini Sembilan Program Prioritas Pemkab Abdya 2020

Para peserta Musrenbang RKPK Tahun 2020 di Aula Bappeda Abdya. (Foto: AcehBisnis/Yura).

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki 9 program prioritas pembangunan pada Tahun 2020 untuk menyejahterakan masyarakat di sembilan Kecamatan di Daerah itu. Program andalan itu mencuat dalam kegiatan Musrenbang RKPK Tahun 2020 di Aula Bappeda Kamis (21/3/2019).

Kesembilan prioritas pembangunan tersebut antara lain, peningkatan nilai tambah pasca panen (Bidang Kelautan, Pertanian dan Perkebunan), kemudian Infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan akses dan jaringan pasar, pengembangan UMKM, pengembangan Agro Wisata, pendidikan dan kesehatan, Syari’at Islam, penanggulangan kemiskinan dan terakhir adalah reformasi bikrokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan.

Wabup Muslizar pada kesempatan itu menyebutkan, sudah menjadi kewajiban bagi setiap daerah untuk menyusun dan menentukan kerangka pembangunan dengan cara melaksanakan Musrenbang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menyusun serta menentukan kerangka pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam mendukung kegiatan pembangunan, diperlukan informasi mengenai kondisi, potensi dan sumber daya yang ada serta situasi yang berkembang pada saat ini.

Kemudian kata Wabup, pembangunan yang mengutamakan pertumbuhan ekonomi dan tidak diimbangi dengan perkembangan kehidupan sosial, budaya, dan politik yang demokratis, dapat menimbulkan kesenjangan kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, kata Muslizar MT program-program pembangunan yang telah direncanakan diharapkan dapat terlaksana secara maksimal. Untuk itu ia berharap di masa yang akan datang, kerja keras semua sangat diharapkan guna perbaikan-perbaikan ke arah yang lebih baik, dengan menitik beratkan pada seluruh sektor pembangunan, mulai dari tingkat Gampong, Kecamatan dan Kabupaten.

Dalam kesempatan ini, perlu Wabup Abdya juga menyampaikan bahwa pada Tahun 2020, prioritas pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya mengambil Tema: "Peningkatan Nilai Tambah Pasca Panen Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pengembangan Akses dan Jaringan Pasae, Agro Wisata serta Optimalisasi Pelayanan Publik".

Oleh sebab itu kata Wabup, semua pihak harus mampu menyamakan persepsi atau pendapat dalam menentukan langkah-langkah yang kongkrit tentang Program dan Kegiatan Prioritas yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2020 mendatang.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh Kepala SKPK khususnya, agar dalam Musrenbang RKPK Tahun 2020 ini mengusulkan Program dan Kegiatan Prioritas yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh dengan tetap mengacu kepada kondisi pendapatan dan keuangan daerah.

"Saya sangat berharap kepada semua SKPK dan semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga tuntas. Kegiatan ini sangat penting demi kebaikan Kabupaten Aceh Barat Daya mendatang,"harap Muslizar MT.

Sementara itu, Kepala Bappeda Abdya Riza Marfandi pada kesempatan itu menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti Musrenbang sebanyak 200 orang yang terdiri dari pihak SKPK, Perwakilan Bappeda Aceh dan Abdya, anggota DPRK, Kepala SKPK, Camat, Ormas, Unsur Wartawan, Mukim dan Keuchik. Sementara itu, kegiatan dimaksud dilaksanakan selama enam hari hingga 27 Maret mendatang.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPK 2020 antara lain Kapolres AKBP M Basori, Dandim Letkol Arm Iwan Afrianto, perwakilan DPRK oleh Nurdianto, Kepala Pengadilan Zulkarnain,SH, perwakilan Bappeda Aceh Alamsyah dan rombongan. Termasuk perwakilan Bappeda Nagan Raya, Semeulu dan Aceh Selatan.(yra/yra)

Komentar

Loading...