Cuci Mobil Nggak Bersih Bisa Didenda Polisi Rp 4,5 Juta

New South Wales - Pemilik mobil di kawasan New South Wales, Australia tampaknya harus rajin mencuci mobilnya sampai kinclong dan tak meninggalkan noda sedikit pun. Jika terlihat mobil masih kotor karena dicuci dengan baik, polisi setempat bakal mengenakan denda.

Dendanya pun tak main-main. Pengendara yang melanggar bakal dikenakan denda sebesar 448 dolar Australia atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 4,5 juta disertai pengurangan tiga poin. Seperti diketahui di beberapa negara, para pengendara memiliki sejumlah poin yang dapat berkurang ketika melanggar.

"Tidak mencuci mobil dengan benar akan dikenakan denda 448 dolar dan 3 poin. Jangan lupa membersihkan cover yang menutup pelat nomor," tulis kepolisian NSW dalam akun resmi Facebooknya dikutip detikcom, Kamis (21/3/2019).

Selain mencuci mobil dengan bersih, pelat nomor juga harus jelas terlihat. Pelat nomor tak boleh tertutup, dirusak, harus terbaca dengan jelas.

Sontak aturan baru dari kepolisian NSW pun menuai pro dan kontra. Menurut salah satu pengguna Facebook yang mengomentari tersebut mencuci mobil setiap hari sulit. Lizzie Maree West menyebut dirinya tinggal di lantai enam sebuah gedung tak bisa menggunakan air untuk mencuci mobil.

"Anda mendapatkan denda untuk apapun sekarang," tulis Lizzie dalam kolom komentar.

Tapi tak semuanya menanggapi dengan buruk, ada juga yang menyetujui hal itu seperti pemilik akun Nathan Stansbie.

Di Australia memang banyak aturan yang ditetapkan oleh beberapa kota demi menjamin keselamatan pengendara.

Komentar

Loading...