Badan POM RI Musnahkan Produk Obat dan Makanan Ilegal Bernilai Rp 1,2 M

Kepala Badan POM Republik Indonesia, Penny K Lukito memperlihatkan produk ilegal yang akan dimusnakan di Halaman Kantor BBPOM Aceh.(Foto:Acehbisnis.com)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - BPOM Aceh memusnahkan ratusan bahkan hingga ribuan itek produk obat dan makanan ilegal. Pemusnahan ini dilakukan di Halaman Kantor BPOM Aceh, Rabu (20/3/2019) sore.

Kegiatan pemusnahan obat dan makanan ilegal ini pun turut dihadiri oleh Kepala BPOM Republik Indonesia, Penny K Lukito yang didampingi langsung Kepala BPOM Aceh, Zulkifli.

Usai melaksanakan pemusnahan, Penny mengatakan, pihaknya memusnahkan seluruh obat, makanan serta kosmetik ilegal yang nilainya mencapai Rp 1,2 miliar.

"Didominasi oleh kosmetik, ini adalah tantangan kita untuk menghadapi peredaran kosmetik ilegal secara online yang berbahaya dan tidak melalui registrasi oleh BPOM," ujarnya.

Menurutnya, hingga kini masih sangat banyak produk obat dan makanan serta kosmetik ilegal yang beredar di pasaran, termasuk diedarkan atau diperjual-belikan secara online. Bahkan, diketahui sebagian besar produk ilegal ini berasal dari luar negeri yang dijual secara online.

"Misalnya obat tradisional yang mengandung berbahaya, kosmetik mengandung merkuri. Sekarang ini lebih banyak kita temukan penjualan kosmetik ilegal yang berbahaya secara online," katanya.

Pihaknya terus melakukan edukasi terutama kepada konsumen agar berhati-hati dalamembeli produk obat dan makanan serta kosmetik yang ada di pasaran. Dianjurkan agar masyarakat membeli produk itu yang sudah jelas legalitasnya serta tidak berbahaya bagi kesehatan.

"Terima kasih untuk segala kemitraan seperti pemerintah daerah dan lainnya yang terus bekerjasama dalam mengawasi serta melakukan tindakan hukum untuk segala produk," tambah Penny.(hfz/ded)

Komentar

Loading...