MTQ Abdya ke VII Dimulai, Ini Pesan Bupati Akmal Ibrahim

Wabup Muslizar MT Mengujuhkan Dewan Hakim MTQ VII di Mesjid Agung Abdya. (Foto: AcehBisnis/Yura)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-VII tingkat Kabupaten yang berlangsung di Mesjid Agung Gampong Seunaloh Kecamatan Blangpidie, Jum'at (15/3/2019) malam dan dibuka Bupati Akmal Ibrahim.

Sesuai Keputusan Bupati Abdya Nomor 122 Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur'an Ke-VII tahun 2019 ini akan berlangsung selama empat hari terhitung sejak tanggal 15 sampai dengan 19 Maret 2019.

Ketua Panitia Pelaksana, Amrizal, S.Sos pada kesempatan itu melaporkan bahwa jumlah peserta yang akan mengikuti lomba MTQ ke-VII dari sembilan kecamatan tahun ini sebanyak 307 peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Sedangkan untuk rincian peserta cabang yang akan diperlombakan yakni Tilawah sebanyak 119 peserta, Hifzil Qur’an sebanyak 33 peserta, Fahmil Qur'an sebanyak 54 peserta, Syarhil Qur'an sebanyak 54 peserta, Khattil QIII’an sebanyak 41 peserta dan Musabaqah Menulis Makalah Al-Qur'an (MMQ) sebanyak 6 peserta.

Begitu halnya terhadap penentuan lokasi pelaksanaan musabaqah, untuk lomba cabang Tilawatil Qur'an diadakan di Arena Mesjid Agung, Cabang Hifzil Qur’an di Mesjid Al-Taqwa, Cabang Syarhil Qur’an di Mesjid Al-Taqwa, Cabang Fahmil Qur'an di aula Bappeda Abdya, Khattil Qur'an di MAN Blangpidie dan cabang MMQ juga di MAN Blangpidie.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam sambutannya mengatakan bahwa Al Qur'an merupakan pedoman hidup bagi setiap manusia, sebab Al Qur'an merupakan petunjuk arah manusia ke arah positif.

"Al Qur'an merupakan sumber pedoman kita dalam kehidupan, sumber pedoman utama, sumber inspirasi dan pengetahuan, karena itu Al Qur'an tidak habis-habisnya kita bahas, kita kaji, sehingga dia dapat kita pahami dari segala sisinya," ungkap Bupati Abdya, Akmal Ibrahim.

Bupati Akmal juga menyampaikan tradisi mempelajari Al Qur'an terus berjalan hingga kini, dan berharap agar terus bersemangat untuk mengkaji dan memahami Al Qur'an yang lebih serius lagi.

"Alhamdulillah tradisi mempelajari Al Qur'an terus hidup, kita berharap MTQ kali ini menjadi inspirasi, menjadi semangat kita untuk mengulang kaji untuk lebih serius," ucapnya. Bupati Abdya Akmal Ibrahim juga berpesan bahwa pelaksanaan MTQ tersebut bukan sekedar memperlombakan pembacaan Al Qur'an tetapi hikmah dari kegiatan tersebut.

"MTQ ini bukan hanya lomba membaca Al Qur'an, MTQ ini lebih kepada bagaimana kita bisa menikmati bacaan-bacaan Al Qur'an yang indah dan benar, dan Alhamdulillah mungkin nanti akan ada kelanjutan-kelanjutan bagaimana kita bisa memahaminya," pesan Bupati Abdya Akmal Ibrahim.

Sebelumnya, Wabup Abdya Muslizar. MT juga telah melantik dan mengukuhkan para Dewan Hakim MTQ yang akan menjadi penilai para peserta lomba MTQ ke-IV kabupaten Abdya tahun 2019.

Pembukaan pelaksanaan MTQ ke-VII ini turut dihadiri istri Bupati Abdya Ida Agustina, Wabup Abdya Muslizar. MT berserta istrinya Safra Muliana, Ketua DPRK Abdya Zaman Akli, Kapolres Abdya AKBP. M. Basori, SIK, Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Iwan Aprianto, SIP, Kepala Kejari Abdya Abdul Kadir, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie, Ketua Mahkamah Syar'iyah Blangpidie, Kepala Kemenag Aceh Dr. H. Iqbal Muhammad, S.Ag, M. Ag, Sekda Abdya Drs. Thamrin, Ketua MPU Abdya Tgk Muhammad Dahlan, Ketua MAA Abdya Teuku Cut Amri, Ketua MPD Abdya, Kepala Baitul Mal Abdya Wahyudi Satria, para Kepala SKPK, para Dewan Hakim dan para tamu undangan lainnya.(yra/yra)

Komentar

Loading...