Kondisi Orangutan yang Terkena Tembakan Berangsur Membaik

Orangutan.(Foto:Istimewa)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Kondisi Hope, orangutan betina yang beberapa hari kemarin dievakuasi tim gabungan BKSDA Aceh dan mitra dari Subulussalam akhirnya berangsur membaik. Hingga kini Hope masih menjalani perawatan di Pusat Karantina Orangutan di Sibolangit, Sumatera Utara.

Hal ini dikatakan Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Sabtu (16/3/2019). "Untuk kondisi Hope per sore ini (kemarin) Alhamdulillah sudah ada perkembangan," ujarnya.

Sapto menjelaskan, diketahui Hope sudah mulai banyak makan, defekasi dan urinasi lancar. "Hope juga mulai merespon jika ada staf mendekat ke kandang. Ini diketahui dari hasil laporan yang disampaikan tim dokter disana," ungkapnya lagi.

Seperti diketahui, Hope beberapa hari lalu dievakuasi tim BKSDA Aceh bersama mitra di Subulussalam. Kondisinya mengenaskan dengan kondisi kaki dan tangan yang patah, menderita luka bacok serta kondisi mata yang buta akibat terkena peluru senapan angin.

Bahkan, mirisnya, petugas dan tim dokter hewan menemukan 74 butir peluru senapan angin dalam tubuh Hope. Sementara anaknya yang berusia satu bulan mati saat dalam perjalanan menuju ke Pusat Karantina Orangutan di Sibolangit. Bangkai anak Hope pun dikuburkan disana.

Pihak BKSDA Aceh pun mengecam aksi penganiayaan yang menyebabkan kematian anak Hope ini. BKSDA Aceh juga sudah melaporkan kasus ini ke Polda Aceh agar ditindaklanjuti, salah satunya meminta penertiban penggunaan senapan angin ilegal di Aceh.(hfz/hfz)

Komentar

Loading...