Festival Apam Fair II Dimulai, Bupati: Perlombaan Teuet Apam untuk Lestarikan Budaya Aceh

acehbisnis.comFestival Apam Fair

Pidie, Aceh Bisnis – Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat mengelar festival wisata budaya Apam Fair II 2019 di Pidie.

Perlombaan ‘Teuet Apam’ (membakar apam) antar Kecamatan dalam wilayah Pidie berlangsung di Alun Alun Kota Sigli ini, Sabtu (16/3/2019). Kegiatan ini diikuti oleh para kaum ibu-ibu di Kabupaten Pidie. Mereka sudah ahli dalam membakar kue tradisional tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pidie, Apriadi mengatakan, pihaknya kembali mengelar festival Apam Fair II 2019 dengan tema Inovation Of Apam.

“Perlombaan ini digelar agar nilai-nilai budaya positif yang telah diwariskan oleh leluhur kita tidak luntur dan hilang oleh pengaruh budaya luar yang cenderung negatif,”ungkapnya yang juga panitia pelaksana.

Selain itu, kata dia, pihak panitia juga menyediakan hadiah dan penghargaan kepada setiap pemenang yang mewakili masing masing kecamatan.

Sementara itu, Bupati Pidie, Roni Ahmad mengharapkan festival ini mampu dijadikan wahana dan untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang ada di kabupaten Pidie.

Pantauan wartawan dilokasi, peserta yang merupakan kaum emak emak sedang membakar apam dengan peralatan dapur batu bata disusun, belanga kecil dibuat dari tanah liat, serta daun daun kering ditambah batok kelapa kering untuk dibakar sebagai alat pemanas.(raj/ded)

Komentar

Loading...