BPBK Abdya Bersihkan Tumpukan Sampah di Jembatan Pulau Kayu

Pihak BPBD Abdya membersihkan sampah do bawah Jembatan Pulau Kayu Kecamatan Susoh Kabupaten Abdya. (Foto: AcehBisnis/Yura)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Dan (Abdya) Kamis (14/3/2019) pagi melakukan pembersihan tumpukan sampah dan kayu yang menumpuk di bawah jembatan Pulau Kayu, Kecamatan Susoh dengan melibatkan puluhan staf Kantor tersebut.

"Sampah yang dibersihkan ini semua bekas terjangan banjir berupa kayu, bongkahan bambu,"kata Kepala BPBD Abdya Amiruddin kepada wartawan Aceh Bisnis Kamis (14/3/2019) di lokasi.

Menurutnya, pembersihan ini sangat penting dilakukan untuk menyelamatkan jembatan. Karena kalau tidak dibersihkan maka jembatan menjadi taruhannya. Untuk melancarkan kegiatan itu, BPBD juga menbawa mobil serba guna, sinso dan perahu karet.

Menurutnya, untuk menyelesaikan pekerjaan itu, pihak BPBD Abdya mengerahkan 50 orang tim reaksi cepat setempat bersama relawan SAR, RAPI dan Tagana dan tentunya Muspika Kecamatan Susoh.

"Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada mereka. Mereka bahu membahu menyelesaikan pekerjaannya tanpa lelah dan masuk ke air untuk memotong kayu dan membersihkan tumpukan sampah itu, karena kalau tidak dibersihkan akan menghambat aliran sungai,”kata Kepala BPBK itu.

Selesai membersihkan sampah di bawah jembatan itu, mereka kembali membersihkan areal persawahan rakyat setelah dihantam banjir beberapa hari yang lalu di Gampong Padang Baru Kecamatan Susoh.

Amiruddin pada kesempatan itu juga mengimbau kepada masyarakat Abdya supaya tidak membuang sampah ke sungai karena sangat berbahaya, bisa menyebabkan air sungai terganggu. Akibatnya mudahnya terjadi banjir seperti baru-baru ini.(yra/yra)

Komentar

Loading...