Pemerintah Aceh Bagun 39 Unit Rumah KAT di Sikundo

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Pemerintah Aceh akan menbangun sebanyak 39 unit rumah program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Gampong (desa) Sikundo, Kecamatan Pantee Cermen, Aceh Barat.

“Untuk Sikundo akan dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan 39 unit rumah KAT oleh Plt Gubernur Aceh dalam waktu dekat ini,”kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, Rabu (13/03/2019).

Ia juga menyebutkan, untuk pembangunan 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil di Gampong Sikundo akan dilakukan di Dusun Durian sebanyak 30 rumah, dan 9 unit rumah di Dusun Sara Saree.” Rumah KAT yang akan dibangun itu adalah rumah bertipe Tipe 24,”jelasnya.

“Dusun Durian dan Dusun Sara Saree adalah dua dusun di Gampong Sikundo. Kedua dusun tersebut dihubungkan dengan jembatan ayun (jembatan tali). “Untuk jembatan tersebut Pemerintah Aceh akan membangun tahun 2019 ini,”ungkapnya.

“Untuk pembagunan puluhan unit rumah Komunitas Adat Terpencil ini sudah berkoordinasi langsung dengan Camat Pantee Cermen, T Juanda dan PPTK-nya, Safwan,”jelasnya.

Lebih lanjut, Alhudri menambahkan, program pemberdayaan KAT ini tidak hanya sebatas membangun rumah, namun selama 2 hingga 3 tahun akan menjadi prioritas perhatian pemerintah, seperti akan pemberian jadup, dibagikan alat-alat pertanian dan jika mungkin peternakan.

“Kami meminta Pemerintah Aceh untuk segera merealisasikan rencana pembagunan rumah KAT itu, karena menurutnya banyak warganya yang membutuhkan rumah tersebut,”kata Keuchik Gampong Sikundo, Ahmad Juhari.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga meminta pemerintah Aceh untuk membantu bidang perekonomian masyarakat di since the seperti pertanian, dan transportasi.

Dikatakannya, Gampong Sikundo memiliki wilayah luas wilayah 12 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 138 orang dari 39 kepala keluarga. Dan semua masyarakat Sikundo tercatat sebagai warga miskin dengan mata pecarian sebagai buruh tani kopi, nilam, jengkol dan kacang tanah.(hfz/ded)

Komentar

Loading...