KIP Temukan 326 Surat Suara DPRK Pidie Rusak

Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperkenalkan contoh lima surat suara Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (10/12). Surat suara Pemilu 2019 terdiri atas Pilpres, Pileg tingkat Pusat, Provinsi, Kota, dan Kabupaten. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pidie, Aceh Bisnis - Dari sebanyak 307.571 surat suara pemilihan legislatif untuk calon anggota DPRK Pidie, sebanyak 326 lembar ditemukan rusak saat proses penyortiran dan pelipatan Pemilu 2019 di Gedung Meusapat Ureung Pidie.

Komisi Independen Pemeilihan (KIP) Kabupaten Pidie menemukan sebanyak 326 lembar ditemukan rusak saat proses penyortiran dan pelipatan jelang Pemilu 2019. Kerusakan yang temukan petugas seperti kertas robek, ada tanda titik dan warna kertas suara luntur.

"Surat suara yang rusak sudah kita kumpulkan sebagai laporan saja untuk dilaporkan ke KIP Aceh,"kata Divisi Teknis dan Penyelenggara KIP Pidie, Fuadi Yusuf, kepada Acehibisnis.com, Rabu (13/3/2019).

Dikatakannya, bila nanti kuota surat suara masih cukup ditambah 2 %, kemungkinan tidak meminta tambahan lagi kepada KPU RI."Tapi kita tunggu arahan KIP Aceh,"ujarnya.

Selain itu, kata dia, untuk menyelesaikan pelipatan surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) melibatkan sebanyak 255 petugas. "Kita targetkan, proses pelipatan surat suara akan rampung dilakukan selama seminggu,"ungkapnya.

"Target kita satu minggu pelipatan kertas suara selesai,"pungkas Fuadi.(rju/ded)

Komentar

Loading...