KIP Diminta Sosialisasikan Pemilu Kepada Lansia

KIP

Langsa, Aceh Bisnis - Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) meminta Komisi Independen Pemilihan (KIP) Langsa agar dapat mensosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) calon legiasltif (caleg) dan pemilihan presiden (Pilpres) kepada pemilih lanjut usia di Kota tersebut.

"Karena pelaksanaan Pemilu Pileg dan Pilpres bersamaan, maka sosilasasi pemilu untuk pemilih lanjut usia penting dilaksanakan oleh KIP,"kata Ketua JPPR Aceh, Hamdani di Kota Langsa, Selasa (12/03/2019).

Menurut dia, pada pemilu nanti banyak surat suara yang dapat membingungkan para pemilih lansia. "Setiap surat suara memiliki warna yang berbeda untuk masing-masing pilihan, mulai dari DPRK, DPRA, DPD, DPR RI dan Presiden,"jelasnya.

Dengan kondisi surat suara yang banyak, kata dia, bisa membingungkan pemilih yang berusia lanjut. "Meskipun di surat suara tertulis keterangannya, akan tetapi ada sebagian pemilih yang lanjut usia penglihatannya sudah tidak terang lagi, bahkan ada yang tidak dapat membaca,”paparnya.

Sementara itu, Wakil Koordinator JPPR Langsa,Rizki Maulana mengharapkan kepada KIP Langsa agar terus memberikan perhatian khusus kepada pemilih lansia, agar mereka dapat berpartisipasi aktif di pemilu 2019.

"Kami berharap KIP memberikan perhatian khusus kepada wilayah-wilayah yang jauh dari perkotaan, alat transportasi yang terbatas, seperti Gampong Pusong,"ungkapnya.

Selain itu, Ia juga meminta KIP Langsa agar segara mengambil langkah kongkrit, sehingga suara dari pemilih lansia dapat digunakan dengan baik dan benar.(sye/ded)

Komentar

Loading...