Ini Empat Program yang Sulit Tercapai di 2019

acehbisnis.com

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan ada empat program yang mungkin sulit tercapai di tahun 2019. Diantaranya air minum, sanitasi, penyediaan hunian layak dan bencana banjir.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Konsultasi Regional Kementerian PUPR TA 2019 Wilayah Sumatera, di gedung Aac Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh. Senin (11/03/19).

"Keempat program tersebut ini harus jadi perioritas utama di tahun 2020-2024" ujar Basuki

Ia mengatakan konsilidasi nasional yang kita adakan setiap tahun tujuannya untuk mengsinkronkan program antara daerah dan pusat.

Untuk itu, program intrastrukturnya ada kisi kisi nya ada APBN, APBD satu dan APBD Kabupaten/Kota itu harus sinkron.

"Misalnya saya harus bangun jalan nasional mana dan maka provinsi harus nyahut mana seperti ranting-ranting pohon serta membangun bendungan, provinsi menjadi sinikasinnya jadi harus sinkron" jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementrian PUPR, Hadi Sucahyono mengatakan punya empat sektor besar yang akan diprioritaskan.

Keempat sektor tersebut sumber daya air untuk membuat bendungan, irigasi, serta persawahan.

"Kedua bina marga seperti jaringan jalan, ketiga cipta karya termasuk didalamnya air bersih, sanitasi dan penataan umum dan yang terakhir pembiayaan dan penyediaan perumahan" pungkasnya. (ded/ded)

Komentar

Loading...