Belasan Hektar Lahan di Nagan Raya Terbakar

Kebakaran lahan. Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, belasan hektar lahan masyarakat di Kabupaten Nagan Raya terbakar, dan sejumlah rumah rusak di Aceh Singkil akibat angin puting beliun.

Kepala BPBA, Ahmad Dadek mengatakan, kebakaran lahan terjadi di sejumlah Kecamatan di wilayah Nagan Raya yakni di Kecamatan Tadu Raya, Kecamatan Kuta dan Kecamatan Darul Makmur.

“Kebakaran lahan di kawasan Gampong Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya sudah terjadi sejak Jum’at (08/03/2019), sedangkan kebakaran di Gampong Lawa Batu, Kecamatan Kuta terjadi pada Sabtu (09/03/2019), serta lahan PT SPS yang ada di Kecamatan Darul Makmur,”sebut Dadek, Minggu (10/3/2019).

Di PT SPS, kata dia, luas lahan yang terbakar kurang lebih 1,5 hektar, di Gampong Lawa Batu seluas kurang lebih 5 hektar dan di Gampong Cot Mue seluas lebih kurang 12,2 hektar. “Totalnya ada 18,7 hektar lahan yang terbakar,”jelasnya.

Sementara untuk penanganan kebakaran lahan tersebut, terang Dadek, tim BPBD Nagan Raya beserta pihak terkait telah mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran serta tiga unit mesin pompa air dan satu unit beko kecil untuk memadamkan api tersebut.

“Kondisi mutakhir di PT SPS api sudah padam, di Gampong Cot Mue sudah dilakukan lokalisir dan di Gampong Lawa Batu sebagian api juga sudah padam," katanya.

Dalam pemadaman api yang membakar lahan ini, tambah dia, tim di lapangan memiliki sejumlah ke dalam seperti kondisi tanah gambut, mobil yang tidak dapat masuk ke lokasi lahan yang terbakar serta kurangnya peralatan dan sumber air di lokasi.

Di Aceh Singkil Diterjang Puting Beliung

Sementara angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Aceh Singkil pada Sabtu (9/3/2019) mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak ringan dan parah.

Angin puting beliun terjadi di kawasan Gampong Gosong Telaga Barat, Kecamatan Singkil Utara. Namun, dalam kejadian itu tidak memakan korban jiwa. “Sebagaimana rumah warga yang rusak masih dalam pendataan,”pungkasnya.(hfz/ded)

Komentar

Loading...