Belasan Hektar Lahan di Agara dan Nagan Raya Terbakar

acehbisnis.comkebakaran hutan

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Dua hektar lahan di wilayah Aceh Tenggara terbakar Sabtu (2/3/2019) siang kemarin. Pihak BPBA menyatakan, diduga kebakaran itu disebabkan oleh pembuangan puntung rokok yang sembarangan. Hal ini dikatakan Kepala BPBA, Ahmad Dadek, Minggu (3/3/2019)

"Diduga karena puntung rokok, api yang membakar lahan sudah padam. Tidak ada kendala saat pemadaman kemarin, tidak ada korban jiwa juga," ujarnya.

Ia menjelaskan, lahan yang terbakar berada di kawasan Gampong Datuk Saudane, Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara. Lahan seluas dua hektar yang ditumbuhi semak belukar itu pun akhirnya dapat dipadamkan oleh tim di lapangan.

"Kebakaran lahan juga terjadi di Nagan Raya, tepatnya di kawasan Gampong Gunong Reubo, Kecamatan Kuala dan Gampong Kuala Tadu, Kecamatan Tadu Raya, sore kemarin. Namun api juga sudah berhasil dipadamkan," jelas Dadek.

Meski tak ada korban jiwa dalam kebakaran lahan di Nagan Raya ini, namun diperkirakan lahan yang terbakar mencapai kurang lebih 10 hektar.

Sementara, pihak BMKG mengingatkan, saat ini cuaca di Aceh sedang memasuki masa peralihan musim penghujan ke musim kemarau, tepatnya selama Februari ini.

"Cuaca yang seperti ini berpotensi terjadi angin kencang dan cenderung terjadi puting beliung karena tumbuhnya awan Cumulonimbus," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad. (hfz/ded)

Komentar

Loading...