Ada Lomba Rangking 1 di Sultan Iskandar Muda Open Base 2019

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Edukasi kepada generasi muda menjadi salah satu fokus kegiatan Sultan Iskandar Muda Open Base 2019, sehingga diadakan Lomba Rangking 1 di GOR Praka Sutrisno Lanud Sultan Iskandar Muda yang diikuti 9 Sekolah Dasar di Aceh Besar, Sabtu (2/3/2019) kemarin.

Menurut Ketua Panitia, Mayor Adm Rully Irianto saat ditemui di lokasi perlombaan, kegiatan ini diadakan untuk memberikan wawasan terhadap generasi muda khususnya tingkat SD agar memiliki rasa cinta terhadap tanah air, mengenal lebih dekat TNI Angkatan Udara (AU) dan tentunya menambah wawasan ilmu pengetahuan diberbagai bidang lainnya.

"Sembilan SD yang ikut antara lain SD Cot Meuraja, SD Lhok Seumeulu, SD Blang Bintang, SD Bueng Cala, SD Cot Buket, SD Simpang Kramat, SD Meulayo, SD Ulee Kareung dan SD Cot Preh dengan jumlah peserta 180 orang yang merebut Rangking 1 dengan hadiah menarik yang telah disiapkan panitia," ujarnya.

Saat membuka lomba, Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIm), Kolonel Pnb Hendro Arief mengatakan, tujuan perlombaan ini bukan mencari menang atau kalah, melainkan untuk menggali potensi, kreatifitas dan wawasan generasi muda sekaligus memperkenalkan TNI AU sedini mungkin kepada siswa-siswi Sekolah Dasar.

"Junjung tinggi sportivitas agar kita pun diajarkan untuk bersikap jujur, tidak mudah terpengaruh dan percaya diri akan kemampuan dan pengetahuan kita,” ungkapnya.

Hal serupa juga dikatakan Kadisdikbud Aceh Besar, Silahuddin yang berterima kasih kepada Danlanud atas kesempatannya diperbolehkan melihat lebih dekat pesawat tempur F-16 dan Helikopter Puma TNI AU.

"Ini adalah pengetahuan yang sangat baik bagi anak didik, pelajar di Aceh Besar tentang alat utama sistem pertahanan TNI AU, karena mungkin selama ini hanya bisa melihat melalui televisi dan kini bisa melihat secara langsung," katanya.

Sebuah sinergitas yang baik, lanjutnya, yang perlu dipertahankan dan tingkatkan untuk masa depan generasi muda karena dengan demikian anak-anak mengetahui TNI AU, menciptakan rasa keingintahuan yang lebih dan memiliki untuk bersama-sama TNI AU mempertahankan keutuhan NKRI.

"Saya mengapresiasi lomba ini, karena untuk membangun sumber daya manusia yang baik melalui pendidikan dan kegiatan Open Base ini fokus kegiatannya untuk mengedukasi, menambah pengetahuan bagi generasi muda terkait alat pertahanan canggih milik kita bersama, rakyat Indonesia," jelasnya.

Pihaknya pun mengajak para orang tua, guru dan kepala sekolah untuk terus memperhatikan, membimbing putra-putrinya agar nantinya mampu memegang tongkat estafet kepemimpinan kedepannya.

Perlombaan itu dimulai dengan penuh antusias dan semangat para peserta yang diawali dari yel-yel setiap SD diiringi tepuk tangan dan sorak sorai pendukung. Kemudian, pertanyaan demi pertanyaan diberikan panitia hingga menyisakan seorang pemenang yaitu Syahrul dari SD Lhok Seumeulu yang berhasil meraih Rangking 1 dan memperoleh hadiah menarik.

Tak hanyak bagi pemenang, yel-yel terbaik pun secara spontanitas mendapatkan hadiah kejutan dari Danlanud Sultan Iskandar Muda. "Terima kasih atas kreatifitas dan semangat kalian mempertunjukan yel-yel," kata Danlanud.

Komentar

Loading...