Gajah Liar Masuk ke Lahan Pertanian Warga di Pidie

Warga menunjukan tanaman padi yang dirusak gajah liar di Pidie.(Foto: Istimewa)

Pidie, Aceh Bisnis - Segerombolan gajah liar masuk ke lahan pertanian milik masyarakat Gampong Turue Cut, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie pada Kamis (28/02/2019). Kawanan gajah tersebut sempat merusak tanaman padi milik warga setempat.

"Kawanan gajah liar itu sudah berkeliaran sekitar Gampong Turue Cut dalam sepekan terkahir ini, dan merusak tanaman padi warga,"kata Abdul Salam Maun,Keuchik Gampong Turue Cut saat dihubungi wartawan Acehbisnis.com, Jum'at (01/03/2019).

"Banyak tanaman padi warga yang siap panen dirusak gajah. Hal ini membuat warga gampong tersebut kesal dan mencoba mengusir dengan mengunakan petasan,"ungkapnya.

"Meskipun telah diusir mengunakan petasan, tapi sekelompok gajah liar tetap kembali lagi untuk merusak tanaman padi warga,"katanya.

Untuk mengantisipasi gajah kembali turun ke lahan pertanian dan di pemukiman gampong itu, kata dia, aparat gampong telah membuat rapat mukim. "Dalam rapat tersebut, pihaknya telah menyepakati untuk membentuk tim patroli setiap gampong yang ada di Kemukiman Mane,"jelasnya.

Ia menyebutkan, tim patroli gampong yang dibentuk akan bertugas memberikan informasi tentang adanya gangguan gajah liar dan menghalau gajah dengan menggunakan petasan.

"Setiap gampong akan kita minta 10 orang tim patroli, mereka akan diberikan pelatihan nantinya, biaya operasionalnya akan kita gunakan Dana Desa,”pungkasnya.(raj/ded)

Komentar

Loading...