Indonesia dan Potensi Temuan Cadangan Migas yang Menjanjikan

Foto: Bryan Dandi.(cnbcindonesia.com)

Jakarta, Aceh Bisnis - SKK Migas baru saja mengumumkan, pengeboran sumur eksplorasi KBD-2x yang dilakukan konsorsium Repsol, Petronas, dan Mitsui Oil Exploration Co. Ltd (Moeco) membuahkan hasil. Setelah dua kali melakukan pengeboran, akhirnya ditemukan cadangan gas baru di blok Sakakemang, Sumatra Selatan.

Perusahaan memberikan estimasi awal setidaknya 2 triliun kaki kubik (trilliun cubic feet/TCF) dari sumber daya yang dapat diproduksi.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Dwi Soetjipto menuturkan adanya penemuan cadangan gas yang besar ini menjadi bukti bahwa lapangan-lapangan migas di Indonesia masih memiiki potensi.

Apalagi, penemuan cadangan gas di Blok Sakakemang ini merupakan temuan signfikan dan termasuk dalam penemuan terbesar keempat di dunia pada 2018, setelah pengeboran sumur Calypso 1 di Cyprus, Obskaya Savernaya 1 di Rusia, dan 1-STAT-010A-SPS di Brazil.

Namun, blok Sakakemang bukan satu-satunya temuan. Dwi mengatakan, SKK Migas sudah mengidentifikasi, ada 10 area yang berpotensi menjadi area dengan giant discovery di Indonesia. Ia menyebutkan, ada enam area di wilayah barat sampai tengah, dan ada empat area di wilayah timur.

"Ada di onshore dan offshore. Kalau potensi yang di Indonesia timur itu offshore, tapi belum ada wilayah kerja-nya. Kita potensi di manapun, ada yang di wilayah kerja dan ada yang belum," kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, di Jakarta, Senin (18/2/2019).

Indonesia dan Potensi Temuan Cadangan Migas yang MenjanjikanFoto: Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Dwi Soetjipto. (CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty)

Lalu, di mana saja 10 area dengan potensi besar tersebut? Berdasarkan data SKK Migas, Dwi memaparkan, 10 area tersebut yakni:

1. Sumatra Utara,
2. Sumatra Tengah,
3. Sumatra Selatan,
4. North East Java-Makassar Strait,
5. Tarakan Offshore,
6. Kutei Offshore,
7. Button Offshore,
8. Northern Papua,
9. Bird's Body (Papua),
10. Warim (Papua)

"Ada 10 wilayah potensial, ini perlu kita syukuri, dan semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang," ujar Dwi, ketika dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Dengan begitu, SKK Migas mencatat, sudah ada tiga penemuan cadangan migas di awal tahun ini. Dwi Soetjipto menyebutkan, tiga penemuan tersebut yakni di blok CPP, blok South East Madura, dan blok Sakakemang.

Lebih lanjut, ia memaparkan, untuk blok CPP, yang dioperatori oleh BOB-BSP Pertamina Hulu, ditemukan cadangan minyak dengan pengeboran sumur Benewangi-1x, sedangkan untuk blok South East Madura, yang dioperatori Energi Mineral Langgeng, ditemukan cadangan gas dengan pengeboran sumur ENC-2.

Komentar

Loading...