KIP Nagan Raya Belum Terima Pengunduran Caleg PBB dari Pemilu 2019

KIP

Suka Makmue, Aceh Bisnis - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya memastikan hingga kini belum menerima pengunduran diri sejumlah calon anggota legislatif yang maju di Pemilu tahun 2019 untuk DPRK.

Sebelumnya, sejumlah calon anggota legislatif dari Partai Bulan Bintang (PBB) Nagan Raya resmi menyatakan mundur dari kontestan caleg, setelah partai besutan Yusril Ihza Mahendra tersebut mendukung petahana Jokowi-Makruf Amin di Pilpres 2019.

Para caleg yang menyatakan mundur tersebut berinisial TA, A, M.

"Belum ada surat pengunduran diri secara resmi yang kita terima, baik dari pribadi caleg maupun surat dari partai pengusung," kata Ketua KIP Nagan Raya, Muhammad Yasin kepada Antara, Rabu (13/2).

Mengenai dengan beredarnya informasi yang beredar di media sosial facebook, yang menyatakan sejumlah caleg dari kader sebuah ormas Islam menyatakan mundur dari caleg PBB Nagan Raya, ia memastikan informasi tersebut memang ada.

Namun informasi ini belum bisa dipercaya dan diterima oleh KIP, lantaran belum ada pengakuan secara langsung dari masing-masing kontestan caleg dan dari pimpinan partai.

"Nanti kalau memang menyatakan diri mundur, pasti akan kita proses sesuai ketentuan yang berlaku," tambahnya.

Muhammad Yasin memastikan isu mundurnya sejumlah caleg tersebut dipastikan tidak akan menghambat tahapan pemilu legislatif yang sudah berjalan di Nagan Raya, mengingat semua tahapan hingga saat ini masih berjalan dengan baik tanpa ada kendala apa pun.

Sebelumnya, Wakil Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Nagan Raya, Tarmizi Idris yang ditanyai Antara mengatakan pengunduran diri sejumlah caleg yang diusung oleh sebuah ormas Islam di kabupaten itu, tidak mempengaruhi elektabilitas partai di masyarakat setempat.

Ia membenarkan bahwa informasi pengunduran diri para caleg yang merupakan kader dari sebuah ormas tersebut, dipicu oleh dukungan Partai Bulan Bintang (PBB) kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2019 mendatang.

"Tidak ada masalah bagi kami kalau ormas ini menarik dukungan mereka melalui para caleg, itu hak mereka," kata Tarmizi.

Ia juga menegaskan penarikan sejumlah kader ormas tersebut diklaim semakin memperkuat elektabilitas partai ini di Nagan Raya, serta lebih menguatkan mereka, katanya.

Komentar

Loading...