Blangko E-KTP di Abdya Kosong

liputan6Ilustrasi

Blangpidie, Aceh Bisnis - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kehabisan blangko Kartu Tanda Penduduk Elctronik (e-KTP) dalam dua pekan terakhir ini.

"Ya benar blangko sudah habis,"kata Kadis Disdukcapil Kabupaten Aceh Barat Daya, Rajul Asmar, SE, Rabu (13/2/2019) kepada Acehbisnis.com diruangkerjanya.

Ia mengatakan, blangko e-KTP di Abdya sudah kosong sejak awal Februari 2019 kemarin. Namun masyarakat yang melakukan perekaman hanya dikeluarkan Surat Keterangan Kependudukan.

"Surat Keterangan Kependudukan dikeluarkan hanya sementara. Nanti kalau blangko sudah ada dan KTP sudah dicetak maka surat akan ditarik kembali. Intinya bagi yang memilik surat keterangan itu juga berhak memilih,"katanya.

Mantan Camat Setia itu menjelaskan, pihak Disdukcapil Abdya memang sudah mengusulkan penambahan sekitar 6.000 lembar E-KTP ke Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Untuk menjemputnya, seorang Kasie di dinas tersebut sudah berangkat ke Jakarta.

Rajul menyebutkan, hingga saat ini masyarakat yang memiliki surat keterangan dan sudah merekam KTP sekitar 3.559 orang atau hampir mencapai lebih kurang 4.000 jiwa. "Jadi Blangko yang sangat mendesak sekitar 4.000 lembar harus ada dalam waktu dekat karena mengingat yang harus cetak sudah sangat banyak,"sebut Rajul Asmar.

Kepala Dinas tersebut mengaku, banyaknya warga yang melakukan perekaman hingga mencapai 200 orang setiap hari kebanyakan berasal dari warga pemula. "Dalam sehari ada yang merekam hingga capai 200 orang. Jadi itu lah sebabnya sehingga banyak orang yang merekam E-KTP, "kata Rajul Asmar. (yura/ded)

Komentar

Loading...