3 Cara Cerdas Atur Duit untuk Generasi Milenial

Generasi Milenial Tidak Menyadari Bahwa Masalah Kesehatan Tengah Mengintai Mereka Gara-gara Kebiasaan Buruk yang Mereka Kerjakan (Ilustrasi/iStockphoto)

Jakarta, Aceh Bisnis - Gaya hidup generasi milenial yang selalu ingin mengikuti tren terkini dalam segala hal, membuat mereka sering menghamburkan begitu banyak uangnya sia-sia. Selain itu, mereka juga tidak dapat mengatur dengan baik keuangan.

Awal bulan atau saat gajian, generasi milenial jadikan waktu yang sangat tepat untuk menghamburkan uang mereka. Terkadang tidak jarang, banyak dari generasi milenial yang sudah kehabisan uang di pertengahan bulan. J

angankan untuk menabung, terkadang generasi milenial sudah bingung bagaimana memenuhi kebutuhan hidup mereka saat uang yang dimiliki sudah habis dipertengahan bulan.

Apakah Anda termasuk ke dalam generasi milenial yang seperti itu? Jika iya, berikut merupakan tiga tips bagi generasi milenial untuk mengatur keuangan:

1. Tinggalkanlah Kebiasaan Buruk yang Membuat Boros

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti hangout bersama teman di cafe, makan malam di restoran ternama, dan selalu membeli kopi di coffee shop, maka mulailah untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Jangan gunakan dalil "untuk mempererat tali persahabatan" agar Anda dapat melakukan ini secara terus menerus. Semakin sering Anda melakukan kebiasaan ini, maka semakin kencang juga jeritan dompet Anda.

Mulailah untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan yang membuat Anda lebih menghemat pengeluaran. Misalnya, berkumpul bersama teman di rumah, makan malam di rumah bersama keluarga, dan masih begitu banyak kebiasaan hemat yang dapat Anda mulai lakukan.

2. Gunakanlah Uang dengan Bijak

Mulailah menggunakan uang Anda secara bijak. Jika Anda menginginkan sesuatu yang besar dan mahal, jangan tergesa-gesa untuk membelinya. Pikirkanlah kembali apakah benda tersebut memang harus Anda beli dalam waktu dekat ini atau tidak.

Dibanding harus menghabiskan uang untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu penting, mulailah memikirkan untuk memiliki asuransi seperti asuransi kesehatan. Meskipun tiap bulannya gaji Anda akan terpotong untuk membayar tagihan asuransi, namun hal ini akan terbayar jika suatu saat Anda terserang sakit.

3. Bersabarlah untuk Mencapai Goals Anda

Jika Anda memiliki suatu target kedepanya misal ingin membeli mobil baru ataupun menikah, maka bersabarlah. Hal ini tentunya membutuhkan uang yang begitu banyak, namun jangan memaksakan diri Anda untuk bekerja terlalu keras agar bisa mengumpulkan uang lebih cepat.

Daripada memporsir diri untuk bekerja lebih keras, ada baiknya Anda menekan bujet pengeluaran yang dimiliki. Meminimkan, dan menghemat pengeluaran Anda untuk mencapai target tersebut akan lebih baik untuk dilakukan. Anda tidak akan sakit karena terlalu keras bekerja, namun dengan hal ini akan membantu Anda untuk belajar hemat dan menabung kedepannya.

Komentar

Loading...