Ratusan Warga Manggeng Ikut Musrenbang

Ratusan masyarakat Manggeng mengikuti Musrenbang RKPK Tahun 2020. Foto: AcehBisnis/Yura.

Blangpidie, Aceh Bisnis - Ratusan warga Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Selasa (12/2/2019) di Gedung Putih Kecamatan setempat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diadakan Kantor Bappeda setempat.

Dalam Musrenbang itu, warga meminta kepada Pemkab Abdya supaya menampung setiap usulan masyarakat Manggeng untuk didanai pada Tahun 2020 mendatang.

"Kami sangat berharap supaya setiap usulan masyarakat yang sifatnya pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pembangunan jalan di desa atau menuju kebun diprioritaskan,"kata Azhar, salah seorang warga Manggeng Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, memang tidak semua usulan itu bisa ditampung oleh pemerintah karena keterbatasan dana tetapi yang sifatnya seperti sarana pendidikan, pemberdayaan masyarakat termasuk perbaikan jalan alternatif sebaiknya diprioritaskan oleh Pemkab Abdya.

"Kita meminta pemerintah supaya mau menanggani setiap persoalan masyarakat dengan sebaik mungkin. Ya dengan memprioritaskan setiap usulan yang masuk akal. Intinya yang sifatnya membantu masyarakat harus dipenuhi,"sebut Azhar.

Wabup Abdya Muslizar MT pada saat membuka Musrenbang menyebutkab bahwa tujuan dilaksanakan Musrenbang untuk menyusun dan menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang didukung oleh kondisi, potensi dan sumber daya yang ada serta situasi yang berkembang saat ini.

Dikatakannya, Musrenbang Kecamatan tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang ada di gampong yang diusulkan melalui Musrenbang Gampong dan tertuang dalam RPJM masing-masing gampong. Namun demikian, Musrenbang Kecamatan ini juga menyepakati kegiatan prioritas yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan Pemerintah Kabupaten.

"Secara umum dapat kami sampaikan bahwa penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan ini bertujuan untuk menampung berbagai aspirasi, masukan, ide dan pemikiran yang konstruktif dan membangun dari seluruh lapisan masyarakat atau stakeholders berkaitan dengan kegiatan pembangunan daerah yang diselaraskan dengan rencana dan prioritas pembangunan yang sedang disusun oleh Pemerintah Kabupaten,"kata Muslizar MT.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, para Asisten, Kepala Bappeda Reza Marfandi, Kepala Disperindagkop Jamaluddin, Kepala Dinas Perkim dan LH Firmansyah, Camat Manggeng Hamdani, mantan Pj Bupati Abdya Drs Teuku Haji Tgk Burhanuddin Sampe dan ratusan masyarakat di Kecamatan Manggeng.(yra/yra)

Komentar

Loading...