Kawanan Gajah Liar Serang Gajah Jinak di Bener Meriah

Kawanan gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) liar berada di kebun warga di Desa Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Minggu (10/2/2019). Conservation Respont Unit (CRU) DAS Peusangan dari BKSDA Aceh mengerahkan satu tim untuk melakukan penggiringan 32 ekor gajah liar yang sejak lima hari terakhir memasuki kawasan pemukiman dan merusak perkebunan warga. (Antara Aceh/Irwansyah Putra)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Kawanan gajah liar mengamuk dan sempat menyerang se ekor gajah jinak yang sedang di tambat di kawasan Kampung (desa) Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rimbee Kabupaten Bener Meriah, Senin (11/2) dini hari.

Irwansyah Putra, fotografer Antara yang sedang mengikuti tim KSDA Aceh melakukan penggiringan gajah liar di lokasi menjelaskan gajah jinak yang diserang kawanan gajah liar itu mengalami cidera dibagian kaki.

Gajah jinak BKSDA itu bernama Ida dengan usia 40 tahun. Saat kejadian, gajah penggiring gajah liar itu ditambat sekitar 500 meter dari base camp tim penjinak, kata Irwansyah.

Tim medis BKSDA dibawah pimpinan drh Arman sedang bekerja ektra mengobati cidera yang diderita gajah jinak tersebut di lokasi kejadian.

Sementara itu, Koordinator CRU DAS Peusangan Syahrol Rizal menyebutkan kawanan gajah liar tersebut sempat muncul di pemukiman penduduk kawasan tersebut.

Bahkan, lanjutnya binatang berbelalai panjang itu kini telah masuk ke pekarangan rumah dan merusak tanaman pisang penduduk setempat.

Kasus gangguan gajah hampir bersamaan dalam beberapa hari terakhir juga terjadi di kawasan Kabupaten Aceh Utara Gayo Lues dan Aceh Barat.

Komentar

Loading...