Wabup Abdya Buka Musrenbang Kecamatan Kuala Batee

Wabup Muslizar MT membuka Musrenbang, Senin (11/2). Foto: AcehBisnis/Yura

Blangpidie, Aceh Bisnis - Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Wabup Abdya) Senin (11/2/2019) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPK Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Kuala Batee di Aula Kantor tersebut.

"Musrenbang di Kecamatan Kuala Batee merupakan hari pertama diadakan untuk tingkat kecamatan,"kata Wabup Muslizar saat membuka kegiatan dimaksud.

Menurutnya, Musrenbang ini bertujuan untuk menyusun dan menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang didukung oleh kondisi, potensi dan sumber daya yang ada serta situasi yang berkembang saat ini.

Musrenbang Kecamatan kata Muslizar, tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang ada di gampong yang diusulkan melalui Musrenbang Gampong dan tertuang dalam RPJM masing-masing gampong. Namun demikian, Musrenbang Kecamatan ini juga menyepakati kegiatan prioritas yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan Pemerintah Kabupaten.

"Secara umum dapat kami sampaikan bahwa penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan ini bertujuan untuk menampung berbagai aspirasi, masukan, ide dan pemikiran yang konstruktif dan membangun dari seluruh lapisan masyarakat atau stakeholders berkaitan dengan kegiatan pembangunan daerah yang diselaraskan dengan rencana dan prioritas pembangunan yang sedang disusun oleh Pemerintah Kabupaten,"sebut Muslizar MT.

Mantan Pimpinan DPRK Abdya itu menjelaskan, Tahun 2020 merupakan tahun ke tiga RPJMK Abdya periode 2017-2022.

Menurut Muslizar MT, ada sembilan prioritas pembangunan Abdya terdiri, peningkatan nilai tambah pasca panen (Kelautan, Pertanian dan Perkebunan), kemudian Infrastruktur Pendukung Pertumbuhan Ekonomi, Pengembangan Akses dan Jaringan Pasar.

Selanjutnya adahlah pengembangan UMKM, pengembangan Agro Wisata, Pendidikan dan Kesehatan, Syari’at Islam, Penanggulangan Kemiskinan, Reformasi Bikrokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan.

"Dengan prioritas pembangunan ini diharapkan akan mampu mendorong peningkatan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi daerah, penurunan angka kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,"kata orang nomor dua Abdya itu.

Untuk mencapai dan mewujudkan Visi dan Misi pembangunan tersebut, diperlukan kerja keras dan kerja sama antar seluruh elemen masyarakat dengan mengedepankan semangat kemandirian yaitu Kabupaten Abdya yang mampu memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri di berbagai bidang dengan mengurangi ketergantungan kepada daerah lain.

Atas dasar tersebut, maka dalam pertemuan Musrenbang Kecamatan ini, Pemkab Abdya sangat mengharapkan kepada seluruh peserta Musrenbang Kecamatan agar memfokuskan usulan program dan kegiatan prioritas yang mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Di samping itu, untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, semua pihak harus mampu mengelola dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya Dana Desa yang telah dikucurkan oleh pemerintah, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten.

"Mudah-mudahan dengan adanya Dana Desa tersebut sebahagian besar permasalahan pembangunan Desa/Gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya dapat diatasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud,"kata Wabup Muslizar MT.

Hadir dalam Musrenbang dimaksud, anggota Forkopimda setempat, anggota DPRK asal kecamatan setempat, Sekda Drs Thamrin, Kepala SKPD, Kepala Bappeda Abdya Riza Marfandi, Camat Kuala Batee Khairuman.(yra/yra)

Komentar

Loading...