Warga Diminta Lapor Makanan Kedaluwarsa ke BPOM

BPOM Aceh Sita Kosmetik Berbahaya di Pasar Lambaro.(Acehbisnis.co)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan obat, makanan, dan minuman kedaluwarsa atau mengandung bahan berbahaya.

“Bila menemukan barang berbahaya segera laporkan kepada BPOM dan Polisi. Bisa juga melalui perangkat gampong setempat,”kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada peringatan HUT Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), Minggu (10/2/2019).

Ia mengimbau warga jangan tergoda untuk membeli barang yang murah tapi ternyata sudah kedaluwarsa, karena itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Akibatnya kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk berobat.

Selama ini, kata dia, BBPOM Banda Aceh terus mengawasi peredaran obat dan makanan tidak layak konsumsi di tengah-tengah masyarakat. “Oleh karena itu, sosialisasi ini terus dilakukan agar masyarakat benar-benar paham mana makanan yang layak konsumsi,”paparnya.

Selain itu, tambah dia, razia pasar juga rutin kita gelar bersama BBPOM dan pihak terkait untuk memastikan kesehatan warga, dan berharap peran pihak penjual untuk ikut melaporkan barang kedaluwarsa.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh Trisno Riyanto menyatakan, bahwa masih banyak masyarakat yang tidak memperhatikan tanggal expired saat membeli suatu produk makanan.

“Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh warga kota untuk menjadi konsumen yang cerdas agar terhindar dari akibat fatal mengonsumsi makanan kedaluwarsa,”ujarnya.

Ia juga menegaskan, bagi pedagang yang dengan sengaja menjual barang kedaluwarsa akan diberikan sanksi hukum.(edi/ded)

Komentar

Loading...