Empat Penambang Ilegal dan 2 Beko Diamankan Polisi

Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Sat Reskrim Polres Bireuen mengamankan empat penambang ilegal yang beroperasi di kawasan Gampong Geulumpang Meujim Jim, Kecamatan Juli, Bireuen, Kamis (7/2/2019) sore kemarin. Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan dua unit beko.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan melalui Kasat Reskrim, Iptu Eko Rendi Oktama mengatakan, para pelaku diamankan atas informasi masyarakat tentang adanya kegiatan penambangan ilegal di kawasan tersebut.

"Sehingga kita langsung menuju ke lokasi untuk mengecek informasi yang dilaporkan dan ternyata benar," ujarnya Jumat (8/2/2019) sore yang memimpin langsung penangkapan tersebut.

Ia menjelaskan, keempat pelaku yang ditangkap yakni ES alias Edi Tamsil (45) selalu pemilik usaha, SP (48) selaku operator alat berat dan MAZ (29) selaku Koordinator Lapangan serta HRZ (23) selaku kernet beko. Keempat pelaku ini merupakan warga Kecamatan Juli, Bireuen.

"Kita amankan dua unit beko yang digunakan untuk menambang tanah di kawasan perbukitan yang ada di lokasi yang dimaksud dalam kasus ini, diamankan juga sebuah buku catatan. Saat pemilik dimintai keterangan, ia mengaku bahwa kegiatan penambangan ini tanpa izin resmi dari pemerintah terkait," jelasnya.

Saat ini keempat pelaku beserta barang bukti masih diamankan di Mapolres Bireuen untuk diproses lebih lanjut. "Mereka melanggar Pasal 158 UU RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba," tambah Iptu Eko.(hfz/hfz)

Komentar

Loading...