8 Cara Mudah Mencari Uang Tambahan

liputan6Menyimpan uang gaji bukanlah hal yang mudah, Bagaimana caranya?

Jakarta, Aceh Bisnis - Sebagian besar orang masih beranggapan kalau pekerja kantoran mendatangkan pundi-pundi uang yang banyak, namun nyatanya tidak selalu demikian. Saat ini, Anda dapat menghasilkan uang tanpa harus bekerja di kantor sekalipun.

Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan skill yang Anda punya, lalu menjualnya kepada orang-orang yang membutuhkan. Bekerja dari rumah tentu lebih fleksibel dan cocok untuk ibu rumah tangga tanpa harus meninggalkan kewajibannya sebagai seorang ibu.

Poin terpenting adalah dapat memanfaatkan peluang yang ada di sekitar. Berikut ini delapan cara mudah mencari uang tambahan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Membuka Bimbingan Belajar Online

Jika memiliki wawasan yang luas mengenai pelajaran tertentu, Anda bisa membuka kelas bimbingan belajar secara online melalui sebuah situs resmi. Cari referensi website yang ada di Indonesia, lalu daftarkan diri.

Nama Anda akan muncul dalam halaman pencarian ketika seorang mencari tenaga pengajar yang pas untuk dirinya. Dan siapa tahu keahlian Anda mereka butuhkan.

Tentukan target murid yang ingin diajari, apakah itu anak SD, SMP, atau SMA. Sesuaikan dengan tingkat penguasaan materi agar Anda dapat mengajar secara maksimal, walaupun dalam konteks online.

2. Menjual Barang-barang Bekas
Rumah.com Punya Barang Tak Terpakai? Yuk Bikin Garage Sale!
Dengan menggelar garage sale, ada dua manfaat yang bisa Anda dapatkan: selain rumah menjadi rapi, Anda juga mendapat uang tambahan.
Apakah Anda punya barang-barang yang tidak terpakai? Daripada menumpuk di lemari kamar, lebih baik barang-barang tersebut dijual saja melalui garage sale atau situs online.

Berjualan secara online tentu lebih menguntungkan, baik dari segi waktu, tenaga, dan uang karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi atau sewa lahan untuk menjual barang bekas tersebut.

Meskipun begitu, garage sale juga tak kalah menguntungkan karena barang-barang bekas Anda dapat laku dalam sekejap. Sewalah lapak atau lahan kosong yang ramai dikunjungi, seperti mal, agar barang-barang bekas Anda lebih cepat laku.

3. Menjadi Penerjemah Bahasa Asing Tertentu

Jika Anda mahir berbahasa asing, dapat bekerja sebagai seorang penerjemah pada acara seminar atau meet and greet yang diadakan di kota tempat tinggal Anda juga tidak ada salahnya.

Pekerjaan ini tergolong mudah, terutama bagi Anda yang mampu berkomunikasi dalam bahasa asing secara aktif. Penghasilan yang didapatkan pun cukup menggiurkan, yang dihasilkan dalam hitungan jam saja.

Semakin besar acara yang Anda hadiri, semakin besar pula bayarannya. Manfaatkan setiap peluang yang ada, siapa tahu Anda menjadi salah satu orang yang terpilih.

Tentu saja, bukan hanya penerjemah pada acara-acara tertentu, Anda juga bisa menawarkan jasa penerjemah untuk buku-buku tertentu yang bisa didapatkan secara online. Saat ini ada banyak freelance penerjemah buku yang ditawarkan melalui situs.

4. Menulis Konten di Blog Pribadi
Suka menulis? Selain menulis di platform yang dikelola orang lain, Anda juga bisa menulis di situ milik pribadi. Blog yang Anda kelola akan menghasilkan pundi-pundi uang lewat iklan yang Anda sematkan di dalam blog tersebut.

Mulailah dari blog pribadi yang gratisan terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat membeli domain tertentu untuk meningkatkan tampilan dan kualitas blog. Posting (unggah) konten secara konsisten agar blog pribadi Anda semakin menghasilkan.

5. Menyewakan Rumah atau Apartemen

Jika Anda memiliki rumah atau apartemen kosong, sewakan kepada teman atau wisatawan. Jika properti Anda berada di lokasi strategis dan dekat dengan tempat wisata, dijamin akan lebih cepat laku.

Uang yang Anda peroleh bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau menambah aset investasi. Agar properti lebih cepat dilirik penyewa, daftarkan pada situs penyewaan properti online.

Tetapkan harga sewa yang sesuai agar Anda segera menemukan calon penyewa yang pas. Tentu saja, harga yang sesuai ini tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.

6. Menjadi Fotografer Bayaran
Bagi yang gemar fotografi, tak ada salahnya jika Anda bekerja sebagai seorang fotografer di sela-sela waktu luang. Tawarkan kemampuan fotografi Anda kepada keluarga, teman, atau orang-orang yang sedang membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen spesial.

Uang yang dihasilkan dari pekerjaan ini lumayan besar. Tak heran jika semakin banyak anak muda yang menggeluti dunia fotografi. Selain menghasilkan uang, fotografi juga dapat dijadikan sebagai sarana penyalur hobi untuk menghilangkan stres.

7. Menyanyi di Kafe

Pintar menyanyi dan punya kualitas suara yang bagus? Anda dapat memanfaatkan talenta ini untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah. Anda bisa mengisi acara di kafe, restoran, atau di pesta pernikahan dengan bayaran yang lumayan.

Agar tawaran menyanyi semakin banyak, tingkatkan networking dengan orang-orang di sekitar. Anda bisa meminta bantuan teman untuk mencarikan job menyanyi. Jika Anda sudah dekat dengan orang tersebut, mereka pasti akan membantu dengan senang hati.

8. Menjadi Pengemudi Online

Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan jasa driver online. Tanpa disebutkan sekalipun, Anda pasti tahu nama aplikasinya. Pekerjaan ini termasuk fleksibel karena Anda dapat melakukannya setelah jam pulang kerja.

Dengan bermodal uang pendaftaran dan koneksi internet, Anda bisa menghasilkan uang tambahan yang totalnya mencapai jutaan per minggu. Sementara penghasilan yang Anda peroleh dihitung berdasarkan jumlah penumpang yang berhasil diperoleh.

Peluang akan Tercipta Jika Mau Berusaha

Jika gaji bulanan dirasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bisa mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan.

Anda bisa mengikuti cara di atas atau menciptakan peluang lain yang menurut Anda lebih menguntungkan. Hindari kata takut karena peluang akan selalu ada selama Anda mau berusaha.

Komentar

Loading...