TBM RUMAN Aceh Buka Rumah Pustaka dan Joek Buku

Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Taman bacaan masyarakat (TBM) di bawah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh membuka titik baru program “Rumah Pustaka” sekaligus memberi “Joek Buku” pada Sabtu (2/2/2019) kemarin.

Dua kegiatan tersebut digelar bersama Remaja Meunasah Jruek Balee (RMJB), Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Dihadiri oleh Geuchik dan aparatur gampong serta diramaikan oleh warga setempat.

Pembina TBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif menuturkan, saat menyetujui undangan RMJB, pihaknya membayangkan bahwa acara itu bersifat informal saja. Sebatas ngobrol sembari lesehan di balai atau meunasah.

“Ternyata, adik-adik RMJB buat kejutan untuk kita. Mereka membuat kegiatan ini formal, menghiasi meunasah, menyediakan makanan ringan khas khanduri, bahkan ada penampilan nasyid dari beberapa anggota mereka. Meriah sekali jadinya,”ujar Arif.

Pada kesempatan tersebut, kata dia, pihaknya meminjamkan 150 bacaan anak dan umum secara gratisan kepada RMJB untuk masa sebulan. Setelah itu, RMJB bisa menukar dengan jumlah serupa pada bulan-bulan berikutnya.

“Pembina dan pengurus RMJB sangat luar biasa. Rela menempuh perjalanan jauh menuju basecamp kita untuk mewujudkan impian mereka mempunyai pustaka. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan hadiahkan 100 buku lainnya melalui program joek buku,”tambah Arif.

Fauziah, Pembina RMJB yang juga istri geuchik gampong setempat mengungkapkan kebahagiaannya bisa menghadirkan bacaan yang berkwalitas secara cuma-cuma buat warganya.

“Rencana ini kami buat sejak pertengahan tahun 2018 lalu, ketika masih menjadi warga biasa. Sebab sangat perihatin sekali dengan kecenderungan anak-anak terhadap gatged. Di samping itu, gampong kami juga belum punya pustaka,”papar Fauziah.

Sementara itu, Ketua RMJB, Raihanum mengatakan, ia bersama kawan-kawannya akan menggelar kegiatan membaca bersama di meunasah bagi anak-anak dan warga pada setiap hari Sabtu dan Minggu.

“Perpusatakaan ini kami namakan Darul Ilmi. Mudah-mudahan bisa menjadi pusat keilmuan bagi anak-anak dan warga gampong kami,"pungkasnya.(ril/ded)

Komentar

Loading...