Kakanwil Kemenag dan Sekda Aceh Tamiang Kunker ke Pedalaman

IMG-20190131-WA0020

Aceh Tamiang, Aceh Bisnis - Kepala kantor wilayah kementerian Agama provinsi Aceh, H.M. Daud Daud Pakeh bersama Sekda Aceh Tamiang, Basyaruddin melakukan kunjungan kerja ke pedalmaan kabupaten tersebut, yaitu, kecamatan tenggulun yang terletak di perbatasan Aceh Sumatera Utara, Rabu (30/1).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengajak Kakanwil Kemenag Aceh untuk melihat lokasi  tanah milik pemda Aceh Tamiang  yang akan dihibahkan untuk Kementerian Agama.

"InsyaAllah sekarang Pemkab Aceh Tamiang akan menghibahkan tanah seluas 3 Hektar, dan nantinya setelah lembaga pendidikan terbangun, akan menghibahkan 7 hektar lagi," ujar Basyaruddin.

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan terimakasih kepada Kanwil Kemenag Aceh yang telah memberi perhatian khusus untuk Aceh Tamiang.

Sementara Masyarakat setempat yang diwakili Camat Tenggulung sangat mengharapkan kepada Kemenag  untuk lembaga pendidikan di wilayah mereka.  ia juga mengatakan kondisi pendidikan masyarakat disana banyak yang berpendidikan tingkat rendah.

"Saat ini banyak terjadi pernikahan dini disini, dengan pendidikan rata rata tamat sekolah dasar, kami berharap kepada bapak Kakanwil untuk membangun madrasah Tsanwiyah atau aliyah disini." ujar Camat Tenggulun, Ilham.

Menanggapi permintaan tersebut, Kakanwil mengatakan bahwa ia sejak awal memang fokus  membangun pendidikan di pedalaman,  seperti melahirkan film dokumenter "cahaya di atas bukit" yang menggambarkan tentang potret pendidikan di pedalaman Aceh sebagai ikhtiar untuk membangun pendidikan di pedalaman Aceh, dan hasilnya kedua madrasah tersebut sudah memiliki gedung representatif.

Kakanwil mengatakan, khusus Untuk Tenggulun Aceh Tamiang Kakanwil  akan berjuang untuk mewujudkan cita cita masyarakat tersebut.

"Kita perlu duduk bersama lagi untuk bermusyawarah lembaga pendidikan apa yang akan kita bangun, kami siap berjuang untuk itu, kami menyarankan disini kita bangun Madrasah boarding, sehingga anak anak fokus di lingkungan pendidikan," ujar Kakanwil.

ia juga mengapreasiasi pemda Aceh Tamiang yang banyak membantu Kemenag di daerah, bahkan membangun gedung untuk KUA Kecamatan Kota Kuala Simpang.

Usai meninjau lokasi tanah tersebut, giliran Kakanwil mengajak Sekda untuk meninjau MIS Baitul Makmur dan KUA Kecamatan Tenggulun. (rel/ded)

Komentar

Loading...