BKKBN: Angka Ketergantungan Penduduk di Banda Aceh Cukup Baik

acehbisnis.com

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Kepala BKKBN Aceh Sahidal Kastri menyebutkan, angka ketergantungan penduduk Banda Aceh sudah cukup baik yakni di kisaran 30 persen. Hal itu bedasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2016.

“Kabupaten/kota lain masih di atas 50 persen, hanya Banda Aceh yang sudah lebih baik. Artinya tingkat ketergantungan anggota keluarga yang bukan angkatan kerja kepada kepala keluarga sudah semakin berkurang,”katanya.

Untuk menekan angka ketergantungan penduduk yang akan berdampak pada peningkatan kesehatan dan ekonomi masyarakat, kata dia, pihaknya secara intensif mensosialisasikan 4T atau empat terlalu yakni jangan terlalu muda menikah, terlalu tua melahirkan, terlalu dekat jarak kelahiran, dan jangan terlalu banyak anak.

Dikatakannya, lewat P2TP2A Aceh, pemerintah provinsi juga punya tiga program prioritas yakni mengakhiri segala bentuk tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia, dan kesenjangan ekonomi.

“Kami berharap Banda Aceh dapat menjadi pilot project untuk program tersebut. Untuk itu komjitmen dan dukungan dari Pak wali sangat kami harapkan,”ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan, pihaknya akan memperkuat upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak memang sudah menjadi salah satu misi pemerintahannya.

“Memberdayakan perempuan dan memberikan perlindungan maksimal bagi anak menjadi salah satu fokus pembangunan Pemko Banda Aceh saaat ini,”kata Aminullah, Selasa (29/1/2019) di pendopo wali kota.

Sebagai kader masa depan, kata dia, anak-anak Banda Aceh harus kita lindungi dari setiap bentuk tindak kekerasan baik secara psikis maupun fisik. “Kita harus berikan kesempatan sebesar-besarnya bagi mereka untuk memperoleh layanan pendidikan dan kesehatan yang layak, termasuk dari sisi ekonomi harus tercukupi semua kebutuhannya,”ujarnya.

“Kami targetkan sampai dengan akhir pemerintahan kami pada 2022 nanti, ke-90 gampong di Banda Aceh sudah kita canangkan sebagai gampong ramah anak,”ungkapnya.(ded/ded)

Komentar

Loading...