Irigasi Krueng Panto Jebol, BPBD Abdya Tanggulangi Secara Darurat

Pihak BPBD Abdya melakukan penanggulangan secara darurat irigasi Krueng Panto yang rusak. (Foto AcehBisnis/Yura).

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat hanya menanggulangi secara darurat Irigasi Gampong Krueng Panto Kecamatan Kuala Batee yang jebol dihantam banjir beberapa waktu yang lalu.

"Alhamdulillah, untuk sementara kita tanggulangi secara darurat Irigasi yang ambruk itu. Sementara kalau sifatnya bangun permanen itu wewenang PUPR,"kata Kepala BPBD Abdya Amiruddin,SPd kepada wartawan Senin (28/1/2019) diruangkerjanya.

Mantan Sekretaris PUPR Abdya itu juga menjelaskan bahwa, penanggulangan secara darurat dilakukan dengan menyusun batang pohon kelapa hampir 30 meter dari kerusakan irigasi dimaksud. Dan pihaknya juga mengerahkan satu unit alat berat beco.

Menurut dia, untuk mewujudkan kegiatan itu pihaknya menyedihkan anggaran sebanyak Rp30 Juta. Dalam pekerjaan itu melibatkan sekitar 50 masyarakat setempat dan pihak Muspika Kuala Batee serta pihak BPBD
"Pengerjaan sudah memasuki hari keempat,"sebut Amiruddin.

Menurut Amiruddin, tujuan penanggulangan secara darurat supaya program tanam serentak padi tidak terganggu di Kecamatan Kuala Batee. Pasalnya, disana ada ratusan hektare sawah produktif yang sedang menyemai benih dan tentunya sangat membutuhkan air dari irigasi tersebut.

"Kalau irigasi gagal diperbaiki maka taruhannya ratusan hektare sawah tidak bisa digarap. Makanya demi petani kami harus memikirkan otak supaya irigasi selesai dikerjakan tepat waktu. Pasalnya, petani di sana mengancam kalau gagal tanam maka mereka akan tanam jagung,"kata Amiruddin.

Ia menjelaskan , irigasi Krueng Panto mengairi air ke ratusan hektare sawah yang terdapat di sejumlah gampong seperti Gampong Krueng Panto dan Blang Makmur termasuk beberapa gampong tetangga mereka juga mengambil air dari irigasi itu untuk dialirkan ke sawah.

Amiruddin menceritakan awal mula irigasi itu jebol, saat itu terjadi hujan lebat di kawasan Krueng Panto, karena tajamnya banjir menghadang sehingga irigasi tidak mampu menahan ganasnya air sungai itu hingga menyebabkan irigasi jebol.(yra/yra)

Komentar

Loading...