YARA Abdya Tantang Kapolres Abdya Usut Tuntas Seluruh Galian C Ilegal

Perwakilan YARA Abdya melihat alat berat yang disita Polres setempat. Foto Istimewa

Abdya, Aceh Bisnis - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat Daya (Abdya) menantang Kapolres Abdya untuk mengusut tuntas seluruh pekerjaan galian C dan melakukan penyitaan terhadap alat berat yang tidak menggantongi izin di Kabupaten itu.

“Kami tantang Kapolres Abdya untuk usut tuntas seluruh aktivitas galian C ilegal, karena masih  banyak galian C di Abdya yang tidak memiliki izin,”kata Kepala YARA Perwakilan Aceh Barat Daya, Miswar, di Banda Aceh, Kamis (24/01/2019).

Menurut dia, masih banyak galian C yang beroperasi di sejumlah Kecamatan Abdya tanpa memiliki izin. “Di Guhang juga ada Galian C tanah kuning dipinggir jalan umum masih beraktifitas sampai dengan hari ini. Jangankan masyarakat kapolres melintas pun akan melihat dengan jelas mereka masih beraktifitas,”ungkapnya.

“Kami berharap Kapolres segera menindak para pekerja galian C, jangan ada yang di istimewakan, semua harus ditindak kalau tidak memiliki izin galian tersebut,”ungkap Miswar.

Untuk itu, YARA mendesak Polres Abdya untuk menjalankan amanah undang undang Dasar (UUD) Pasal 27 Ayat 1 Semua warga negara bersamanan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan dan berhak atas perlindungan hukum yang sama tanpa diskriminasi apapun.

“Semua orang harus diperlakukan sama dibawah hukum tanpa memandang ras, gender, kebangsaan, warna kulit, etis, agama atau kerakteritas lain tanpa hak istimewa, dan diskriminasi,”ujarnya.

Ia juga menyatakan, kalau Polres tidak bisa menertibkan semua galian C ilegal, maka Yara Abdya akan menyurati Polda dan Mabes Polri terkait dengan galian C ilegal yang tidak diproses hukum, dan melampirkan dokumen dokumen galian C yang tidak ada izin.

Selain itu, YARA juga memberi apresiasi kepada Polres Aceh Barat Daya terkait penyitaan alat berat Beco galian C Alu jerjak Kecamatan Babahrot yang diduga tidak mengantongi izin.(yra/ded)

Komentar

Loading...