Tujuh Gampong di Pidie Terima Dana BDI Rp 4,5 Milyar

detik.comUang

Pidie, Aceh Bisnis - Sebanyak tujuh Gampong (Desa) di Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie mendapatkan alokasi dana Bantuan Dana Investasi (BDI) Program Kotaku dari Kementrian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR).

Total dana bantuan yang diberikan kepada 7 Gampong dari 15 Gampong di Kecamatan Kota Sigli tersebut berjumlah Rp 4,5 miliar.

Namun, setiap gampong mendapat dana bervariasi dengan desa terendah memperoleh Rp 500 juta, tertinggi Rp 1,1 miliar tergantung luas wilayah kumuh di daerah itu. Makin kumuh makin besar dananya.

Ketujuh gampong itu adalah Gampong Pante Tengoh luas kumuh 9,24 ha mendapat berjumlah Rp 500 juta. Dan infrastruktur telah dibangun antara lain pembangunan drainase, tempat pembuangan sampah (TPS), bentor, MCK, hidran dan peningkatan jalan.

Sementara, Pasi Rawa luas kumuh 4,72 ha mendapat Rp 900 juta. Jumlah kegiatan dilaksanakan TPS, bentor dan peningkatan jalan. Selanjutnya Blang Paseh 9,23 ha kumuh mendapat Rp 500 juta juga kegiatan dilakukan peningkatan drainase, TPS, bentor, hindran.

Gampong Kramat Dalam 1,8 ha luas kumuh mendapat Rp 500 juta, selanjutnya Blang Asan 5,1 hektar dan Gampong Asan luas kumuh 3,18 ha masing-masing kedua gampong juga sama mendapat Rp 500 juta.

Paling tinggi Lamphoih Krueng mendapat Rp 1,1 miliar dengan luas kumuh 12,88. Kegiatan dibangun juga hampir sama peningkatan jalan, bentor, drainase dan TPS.

Camat Kota Sigli, Drs Nadhar Putra MSi mengaku, mereka mendapat dana BDI merupakan hibah pusat.

“Jadi bukan dana desa. Itu hibah pusat. Jadi gampong-gampong ini tahun 2018 mendapat dua sumber dana berbeda dari hibah pusat dan dana desa sendiri di gampong itu,”pungkas Camat Kota Sigli, Nadhar Putra.(ril/rju)

Komentar

Loading...