Polres Aceh Besar Harapkan Angka Laka Lantas di Jalan Raya Menurun

Foto: Hafiz/ Aceh Bisnis

Jantho, Aceh Bisnis - Kegiatan nasional yang bernama Millenial Road Safety Festival menyasar kepada generasi milenial saat ini. Hasil penelitian, generasi saat ini paling banyak menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Bahkan, berada di urutan setelah penyakit jantung koroner, paru dan lainnya.

Hal ini dikatakan Kapolres Aceh Besar, AKBP Ayi Satria Yuddha saat konferensi pers di Mapolres Aceh Besar, Selasa (22/1/2019) didampingi Kasat Lantas, AKP Vifa Febriana Sari, Kasat Resnarkoba, AKP Raja Aminuddin Harahap dan Kepala Rutan Klas II B Jantho.

Kapolres mengatakan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mencanangkan gerakan nasional ini sejak beberapa waktu lalu dan puncaknya berada pada 10 Maret 2019 mendatang.

"Data laka lantas di Aceh Besar sejak tahun 2014 hingga 2018 mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata korbannya berusia 15 hingga 20 tahun," ujarnya.

Oleh karena itu, generasi saat ini lah yang menjadi sasaran utama pihaknya untuk dapat memahami pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya. Relawan lalu lintas bersama seluruh pihak terkait pun diminta untuk dapat mensukseskan kegiatan ini.

"Saat ini Sat Lantas Aceh Besar sedang melakukan tahap sosialisasi dan publikasi, nantinya ada sejumlah even besar yang akan kita laksanakan dalam puncak Millenial Road Safety Festival," kata Kapolres.

Sementara itu, Kasat Lantas, AKP Vifa Febriana Sari mengatakan, selama ini pihaknya telah melakukan sosialisasi bagi pihak internal dan nantinya akan berlanjut hingga ke pihak eksternal yang dalam hal ini adalah masyarakat luas.

"Nanti kita akan road show di sekolah-sekolah SMA di Aceh Besar, membuat video edukasi dan dalam minggu ini kita akan kumpulkan klub motor yang ada di Aceh Besar untuk membantu kita dalam memberikan sosialisasi keselamatan berkendara kepada masyarakat," ungkapnya.

Mengenai puncak Millenial Road Safety Festival yang akan dilaksanakan pada 10 Maret mendatang, pihaknya pun akan melakukan sejumlah even besar seperti senam kolosal, jalan santai, safety riding, deklarasi, expo dan lainnya.

"Menurut data 60 persen korban kecelakaan adalah generasi milenial yang mana berusia dari 17 hingga 35 tahun. Untuk puncak Millenial Road Safety Festival ini sendiri rencananya akan kita pusatkan dan lakukan di kota Jantho," kata mantan Kasat Lantas Polres Langsa ini lagi.

Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan sejumlah kompetisi seperti lomba pembuatan vlog, pembuatan video kontes, lomba pembuatan meme yang bertema kegiatan ini. Kompetisi ini akan berlangsung dan diumumkan pemenangnya pada puncak Millenial Road Safety Festival nanti.

"Harapan kita tidak ada lagi atau minimal menurun angka kecelakaan serta masyarakat sendiri dapat menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas. Tahun lalu kita pernah undang para Kepala Sekolah di Aceh Besar untuk menjalin kerjasama bagaimana agar para pelajar tidak ada yang melanggar lalu lintas,"pungkasnya.(hfz/ded)

Komentar

Loading...