Ghazali Abbas Minta Pemda Fokus Pemberdayaan Ekonomi di Perdesaan

Foto: Acehbisnis.com/Dedi Saputra

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Ghazali Abbas Adan meminta Pemerintah Aceh untuk memprioritaskan program-program yang pro kepada masyarakat di daerah di perdesaan di tahun 2019 ini.

“Kita berharap anggaran APBA 2019 yang begitu besar bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh,”kata Ghazali Abbas usai kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula Kesbangpol Aceh, Senin (21/01/2019) di Banda Aceh.

Karena bedasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, saat ini Aceh masih menempati provinsi termiskin keenam di Indonesia, dan nomor satu di Sumatera.

Untuk itu, kata dia, alokasikan anggaran yang begitu besar itu harus lebih diutamakan untuk meningkatkan pemberdaayan ekonomi masyarakat di perdesaan, dari pada program yang tidak pro rakyat.

“Itu salah satu solusi untuk menurunkan angka kemiskinan di Provinsi yang berpenduduk lima juta jiwa tersebut,”ungkap Ghazali Abbas kepada wartawan di Banda Aceh.

Ghazali juga meminta agar pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota lebih fokus membangun daerah-daerah yang masih tertinggal dan membutuhkan perhatian dari pemerintah.

Ia mengakui program yang telah dijalankan selama ini banyak yang belum tepat sasaran sehingga perlu segera dievaluasi dan disempurnakan kembali oleh pemerintah.

“Jika dana dialokasikan dengan tepat sasaran, maka dipastikan angka kemiskinan di Provinsi ini bisa segera diturunkan,”terangnya.

Namun, ungkap dia, anggaran dalam APBA 2019 yang sangat besar hanya untuk kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat bagi rakyat seperti uang perjalanan dinas, pengadaan tas untuk seminar, serta program-program yang tidak berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Hal ini sangat memalukan, pasalnya uang kita cukup banyak, sampai 17 Triliun, tapi masih menjadi daerah termiskin. Masak uang sebanyak itu tidak mampu memperbaiki kehidupan perekonomian masyarakat kita, maka kedepan jangan seperti itu, sayang rakyat,”pungkasnya.(iql/ded)

Komentar

Loading...