Akibat Longsor, Jalan Penghubung Kecamatan di Bener Meriah Putus

Longsor. Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Akibat longsor kembali terjadi di kawasan Gampong Suka Makmur, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, Jumat (11/1/2019). Penguna kendaraan roda dua dan roda empat terpaksa mencari jalan alternatif lain.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut, namun aktivitas warga terganggu karena longsor memutuskan jalan yang biasa dilalui masyarakat di Kabupaten tersebut.

Kalaksa BPBA, Ahmad Dadek mengatakan, jalan yang putus akibat longsor adalah jalan alternatif yang menghubungkan antara Kecamatan Wih Pesam dengan Kecamatan Timang Gajah yang jaraknya kurang lebih 3 kilometer.

“Jalan ini digunakan warga sejak 2 tahun belakangan, jika menggunakan jalan nasional Bireuen-Takengon, harus ditempuh warga sepanjang 20 kilometer,”kata Ahmad Dadek, Sabtu (12/01/2019) di Banda Aceh.

Menurut dia, longsor terjadi karena hujan deras mengguyur wilayah itu sehingga mengakibatkan longsoran dan longsor tersebut semakin parah terjadi karena hujan terus turun.

“Memang diketahui, bahwa longsor memang kerap terjadi di wilayah ini jika hujan deras. Namun longsor kali ini yang terparah dengan kedalaman 200 meter dan berdiameter (luas) sekitar satu hektar,”ungkapnya.

Hingga kini, kata dia, jalan tersebut tidak bisa dilalui sehingga tim di lapangan membuat jalan alternatif lain atau jalan darurat serta pengalihan saluran air agar dapat digunakan sementara oleh masyarakat.(hfz/ded)

Komentar

Loading...