KIP Abdya Tetapkan Pemilih Disabilitas 901 Orang

acehbisnis.comAgus Mudaksir, SH (kiri)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) telah mendata dan menetapkan jumlah pemilih penyandang disabilitas yang mempunyai hak suara dalam pemilu nanti mencapai 901 orang.

Hal itu disampaikan Kasubab Teknis Pemilu dan Hubmas Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Abdya, Agus Mudaksir, SH kepada Aceh Bisnis, Jumat (11/01/2019).

Menurut dia, penyandang disabilitas tetap mempunyai hak dalam pemilihan umum (pemilu) pada April mendatang. "Mereka tetap memiliki hak untuk memilih dan mereka juga sudah didata oleh KIP dan terdaftar dalam DPT,"ujar Agus.

Ketika pemilu berlangsung nanti, jelas dia, KIP Abdya akan memprioritaskan mereka untuk memilih lebih dulu ketimbang pemilih lain. "Hal itu, sesuai undang-undang dan untuk hal itu akan disampaikan kepada pihak KPPS di desa-desa selaku penyelenggara pemilu,"jelasnya.

Ia juga menjelaskan, dari angkat 901 orang masing-masing terdaftar di Kecamatan Kuala Batee 209 orang, kemudian Kecamatan Manggeng 144 orang, Jeumpa 122, Susoh 109, Setia 18 pemilih dan Kecamatan Babahrot sebanyak 97 pemilih.

Selain itu saat pencoblosan biasanya mereka akan didampingi oleh pihak keluarga. "Untuk mendampingi mereka saat mencoblos nanti biasanya langsung oleh pihak keluarga. Sementara yang sakit pasti ada kotak khusus,"pungkas Agus Mudaksir.(yur/yra)

Komentar

Loading...