Seorang Napi Lapas Klas II A Banda Aceh Meninggal

Ilustrasi Napi di Penjara

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Seorang narapidana (napi) di Lapas Klas II A Banda Aceh yang berada di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, meninggal dunia, Rabu (5/12/2018).

Kabar ini pun dibenarkan oleh pihak Kanwil Kemenkumham Aceh saat dikonfirmasi. "Benar, napi meninggal mungkin karena sakit," ujar Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman.

Dirinya mengaku, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab meninggalnya napi yang menurut informasi menghuni kamar sel nomor 13 itu. Dikatakan, kemungkinan yang bersangkutan meninggal karena sakit jantung yang dideritanya.

"Mungkin sakit jantung, tapi belum pasti karena kira belum ke Rumah Sakit Umum (RSUD) Daerah Zainoel Abidin Banda Aceh," ungkap Budiman.

Menurut informasi yang dihimpun, setelah meninggal di kamar yang dihuninya, petugas sipir pun kemudian langsung membawa jenazah korban ke rumah sakit.

Sementara itu, Kalapas Klas II A Banda Aceh, Endang Lintang-red membantah bahwa napi yang meninggal itu adalah salah satu napi dari 113 yang kabur beberapa waktu lalu.

Dirinya mengatakan, napi yang meninggal itu bernama M Isa (57) yang meninggal karena penyakit stroke dan jantung yang dideritanya. "Meninggal karena sakit, sudah lama stroke dan bukan napi yang kabur kemarin," katanya.

M Isa adalah warga Gampong Teungoh Lam Ujong, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar yang merupakan napi pindahan dari Rutan Klas II B Jantho Aceh Besar sejak 26 September lalu.

Ia dihukum 12 Tahun penjara serta denda Rp 60 juta subsider 6 bulan karena kasus perlindungan anak. "Yang bersangkutan divonis 12 Tahun penjara dan baru menjalani hukuman sekitar 2 bulan," ungkap Endang.

Setelah ditemukan meninggal dunia, jenazah korban langsung dibawa ke RSUDZA Banda Aceh untuk diautopsi. "Sekarang di RSUZA untuk memastikan penyebab meninggalnya, karena belum tahu jadi kita bawa ke rumah sakit,"pungkasnya.

Komentar

Loading...