PT Repsol Akan Bor Migas di Laut Andaman Aceh

Banda Aceh,Aceh Bisnis - Badan Pengelola Minyak dan Gas (BPMA) Aceh menyatakan, perusahaan asal Spanyol yakni PT Repsol akan melakukan pengeboran minyak dan gas di kawasan Laut Andaman wilayah lepas pantai Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen, pada Agustus 2019 mendatang.

Kepala Divisi Formalitas dan Hubungan Eksternal BPMA, Radhi Darmansyah mengatakan, terkait rencana ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan lembaga adat laut setempat.

"Pemerintah Aceh bersama BPMA dan pihak terkait sudah berkoordinasi agar proses pengeboran migas di Sumur Rencong 1X Ini berjalan lancar demi kesejahteraan masyarakat setempat khususnya dan Aceh umumnya," ujarnya Minggu (18/11/18).

Radhi menjelaskan, pengeboran Sumur Rencong 1X tersebut membutuhkan teknologi andal karena kedalaman permukaan laut yang mencapai 1.500 meter. PT Repsol dan BPMA juga telah menyampaikan perkembangan akuisisi dan interpretasi Seismic 3D Andaman III kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Jumat (16/11/2018) lalu di Meuligoe Gubernur.

"Pengeboran sumur ini menggunakan Kapal Seismic MV Elsa Regent dan total area diakuisisi 3.385 kilometer2," katanya.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Bersama Sumber Daya Alam Migas Bumi di Aceh pada Pasal 1 ayat 22 disebutkan, BPMA suatu badan pemerintah yang dibentuk untuk melakukan pengelolaan dan pengendalian bersama kegiatan usaha hulu bidang migas bumi yang ada di darat dan laut Aceh (0 hingga 12 mil laut).

Pada Pasal 1 ayat 23 juga disebutkan, kontraktor adalah satu atau lebih badan usaha atau bentuk usaha tetap sebagai pemegang interest yang menandatangani kontrak kerja sama dengan BPMA dalam pelaksanaan eksplorasi dan eksploitasi pada suatu wilayah kerja.

Komentar

Loading...